comscore

5 Prajurit dan 30 'Teroris' Tewas dalam Bentrokan di Burkina Faso

Willy Haryono - 22 Mei 2022 10:20 WIB
5 Prajurit dan 30 Teroris Tewas dalam Bentrokan di Burkina Faso
Prajurit Burkina Faso bersiaga di salah satu sudut kota Ouagadougou, 24 Januari 2022. (OLYMPIA DE MAISMONT / AFP)
Ouagadougou: Lima prajurit dan 30 "teroris" tewas dalam pertempuran di Burkina Faso utara usai sekelompok ekstremis dalam jumlah besar menyerang sebuah pangkalan militer pada Sabtu, 21 Mei 2022.

Pasukan di Bourzanga, sebuah kota di wilayah utara yang sering menjadi target serangan ekstremis, "dengan penuh semangat menghalau serangan di sebuah pangkalan pada Sabtu kemarin," ucap keterangan militer Burkina Faso.
"Para penyerang adalah teroris yang datang dalam jumlah besar dan bersenjata lengkap," sambungnya, dikutip dari laman Al Arabiya.

Tidak hanya menewaskan lima prajurit, serangan para ekstremis juga melukai 10 lainnya. "Data saat ini menunjukkan bahwa setidaknya 30 teroris telah dibunuh," sebut militer Burkina Faso.

"Musuh terpaksa mundur di hadapan kekuatan pasukan darat dan intervensi angkatan udara," lanjutnya.

Sejumlah "teroris" dikabarkan membaur dengan masyarakat setempat untuk menghindari kejaran militer. Mereka meninggalkan persenjataan, sepeda motor dan juga peralatan komunikasi dalam pelarian tersebut.

Prajurit Burkina Faso telah menyita sebuah kendaraan lapis baja dan truk pikap yang pernah digunakan para penyerang.

Burkina Faso telah dilanda gelombang serangan ekstremis sejak 2015, yang sebagian besarnya terkait dengan kelompok al-Qaeda dan Islamic State (ISIS). Lebih dari 2.000 orang tewas dan 1,8 juta lainnya telantar akibat pertempuran tersebut.

Kamis kemarin, 11 tentara Burkina Faso tewas dalam serangan ekstremis di wilayah timur. Kepala pemerintahan baru di Burkina Faso, Letnan Kolonel Paul-Henri Sandaogo Damiba, mengatakan bahwa sektor keamanan adalah salah satunya "prioritas" utamanya.

Damiba menggulingkan presiden terpilih Roch Marc Christian Kabore pada Januari lalu, dengan menuduhnya sebagai sosok yang tidak efektif dalam menghadapi serangan ekstremis.

Baca:  Pemimpin Junta Burkina Faso Dilantik sebagai Presiden

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id