comscore

Empat Warga Tewas Tertembak dalam Protes di Sudan

Juven Martua Sitompul - 31 Desember 2021 05:58 WIB
Empat Warga Tewas Tertembak dalam Protes di Sudan
Warga Sudan memprotes kudeta yang dilakukan militer. Foto: AFP
Khartoum: Pasukan keamanan Sudan menembak dan membunuh empat pengunjuk rasa pada Kamis 30 Desember 2021. Penembakan terjadi ketika puluhan ribu demonstran menentang penguncian keamanan dan memutuskan komunikasi untuk unjuk rasa menentang kekuasaan militer.

Aktivis pro-demokrasi telah melakukan lebih dari dua bulan kampanye demonstrasi jalanan menentang pengambilalihan militer pada Oktober. Tindakan keras itu kini telah melihat setidaknya 52 orang tewas dalam kekerasan terkait protes, menurut Komite Dokter independen, yang merupakan bagian dari gerakan pro-demokrasi.
Pada Kamis, pasukan keamanan membunuh dengan tembakan langsung ke arah empat pengunjuk rasa di Omdurman, kota kembar ibu kota Khartoum, dan melukai puluhan lainnya.

“Kami meminta dokter untuk datang ke rumah sakit Arbain di Omdurman karena para putschist (pasukan Sudan) menggunakan peluru tajam untuk melawan pengunjuk rasa dan mencegah ambulans mencapai mereka,” ucap pernyataan Doctors’ Committee, seperti dikutip dari Arab News, Jumat 31 Desember 2021.

Permohonan mereka diposting di akun media sosial orang Sudan yang tinggal di luar negeri karena pihak berwenang telah memutuskan saluran telepon domestik dan internasional.

Grup pemantau web NetBlocks mengatakan layanan Internet seluler juga dihentikan.
Jaringan berita Arab Saudi, Al-Arabiya mengatakan beberapa wartawannya terluka dalam serangan oleh pasukan keamanan di kantornya di Khartoum. Saluran Saudi lainnya, ASharq, juga melaporkan bahwa pasukan keamanan mencegah wartawannya meliput demonstrasi anti-militer.

Kepala Dewan Berdaulat Abdel Fattah Al-Burhan mengirim delegasi dari kantornya bersama dengan satu dari Kementerian Dalam Negeri dan juru bicara polisi ke kantor mereka untuk mengkonfirmasi penyelidikan atas serangan akan dibuka.

Juru bicara polisi mengatakan bahwa para pelaku penyerbuan kantor akan "dihukum."







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id