comscore

Ketegangan di Gaza Meningkat, Israel Kirim Bala Bantuan

Fajar Nugraha - 05 Agustus 2022 18:07 WIB
Ketegangan di Gaza Meningkat, Israel Kirim Bala Bantuan
Pasukan Israel di wilayah Yerusalem. Foto: AFP
Yerusalem: Militer Israel mengatakan Kamis bahwa pihaknya mengirim pasukan tambahan ke daerah sekitar Jalur Gaza. Langkah itu dilakukan untuk bersiap menghadapi kemungkinan serangan setelah penangkapan seorang gerilyawan senior di Tepi Barat pekan ini.

Pihak berwenang menutup jalan dan daerah lain di sekitar Gaza setelah serangan Senin malam, di mana pasukan menangkap seorang anggota senior kelompok militan Jihad Islam di kota Jenin, Tepi Barat yang diduduki. Seorang remaja Palestina, yang diklaim sebagai anggota Jihad Islam, tewas dalam bentrokan dengan pasukan Israel.
Jihad Islam, yang menolak keberadaan Israel dan telah melakukan sejumlah serangan mematikan selama bertahun-tahun, mengatakan akan "waspada" dan meningkatkan kesiapannya sebagai tanggapan.

Gaza telah dikuasai oleh kelompok Hamas sejak mengusir pasukan saingan Palestina pada 2007. Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas semua serangan yang berasal dari Gaza, dan kedua belah pihak telah berperang empat kali dan puluhan pertempuran kecil selama 15 tahun terakhir.

“Pengaturan keamanan yang kami putuskan diperlukan sebagai langkah persiapan sementara,” kata Perdana Menteri Israel Yair Lapid setelah mengadakan pertemuan keamanan pada Kamis, seperti dikutip AFP, Jumat 5 Agustus 2022.

“Kami tidak akan menerima situasi jangka panjang di mana organisasi teroris mengganggu kehidupan warga,” imbuhnya.

Israel telah melakukan serangan hampir setiap hari di Tepi Barat yang diduduki menyusul serangkaian serangan mematikan yang menargetkan warga sipil di dalam wilayah Israel awal tahun ini.

Israel merebut Tepi Barat, Gaza, dan Yerusalem timur dalam perang 1967, wilayah yang diinginkan Palestina untuk negara masa depan mereka. Proses perdamaian gagal lebih dari satu dekade lalu, membuat jutaan orang Palestina hidup di bawah kekuasaan militer Israel tanpa akhir yang terlihat.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id