Qatar Tegaskan Kembali Posisinya atas Isu Palestina

    Willy Haryono - 21 September 2020 11:16 WIB
    Qatar Tegaskan Kembali Posisinya atas Isu Palestina
    Bendera nasional Qatar. (Karim Jaafar-Al-Watan Doha/AFP)
    Doha: Qatar menegaskan kembali posisinya atas isu Palestina, dengan menyebut bahwa konflik berkepanjangan dengan Israel harus diselesaikan dengan mengatasi beberapa penyebab utamanya. Pernyataan disampaikan di tengah kabar adanya sejumlah negara Arab yang akan mengikuti jejak Uni Emirat Arab dan Bahrain dalam menormalisasi hubungan dengan Israel.

    "Negara Qatar menekankan kembali posisi tegas dalam isu Palestina, yakni mengakhiri pendudukan Israel dan mendirikan Negara Palestina dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya di dalam kerangka legitimasi internasional serta resolusi Dewan Keamanan (PBB), dan juga memberikan hak bagi semua pengungsi Palestina untuk pulang (ke tanah mereka masing-masing)," ujar pernyataan Kementerian Luar Negeri Qatar.

    "Kami menyesalkan pemberitaan sejumlah media yang berusaha merusak citra Negara Qatar dengan mengorbankan nasib masyarakat Palestina," sambungya, dikutip oleh Qatar News Agency dan Anadolu Agency, Senin 21 September 2020.

    Doha menegaskan, pihaknya akan melakukan semua upaya semaksimal mungkin untuk meringankan atau bahkan "mencabut penderitaan masyarakat Palestina hingga mereka semua mendapatkan hak-haknya."

    Pernyataan disampaikan beberapa hari usai UEA dan Bahrain resmi menandatangani perjanjian normalisasi dengan Israel di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat. Penandatanganan disaksikan Presiden AS Donald Trump.

    Bahrain menjadi negara Arab keempat yang menormalisasi hubungan diplomatik dengan Israel setelah Mesir di tahun 1979, Yordania pada 1994, dan UEA Agustus lalu.

    Usai menyaksikan penandatanganan perjanjian normalisasi, Trump menyebut peristiwa ini merupakan "fajar dari Timur Tengah yang baru." Ia mengklaim ada 7 hingga 9 negara lagi yang akan mengikuti jejak UEA dan Bahrain.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id