Bahrain Sebut Normalisasi dengan Israel Demi Halau Iran

    Willy Haryono - 15 September 2020 12:01 WIB
    Bahrain Sebut Normalisasi dengan Israel Demi Halau Iran
    Menteri Dalam Negeri Bahrain Sheikh Rashid bin Abdullah Al Khalifa. (Foto: AFP/Mohammed Al-Shaikh)
    Manama: Pemerintah Bahrain menegaskan bahwa normalisasi hubungan dengan Israel bukan sebuah langkah pengkhianatan terhadap Palestina, melainkan demi memperkuat pertahanan kerajaan dari ancaman Iran. "Ini bukan penelantaran isu Palestina, tapi untuk memperkuat keamanan dan stabilitas ekonomi Bahrain," kata Menteri Dalam Negeri Sheikh Rashid bin Abdullah Al Khalifa.

    "Jika Palestina adalah perjuangan masyarakat Arab, maka Bahrain adalah perjuangan kami," sambungnya, dilansir dari laman TOI, Selasa 15 September 2020.

    Khalifa menegaskan bahwa Iran sudah mendominasi banyak hal dan semakin menjadi ancaman bagi keamanan internal Bahrain. Menurutnya, langkah strategis bagi Bahrain adalah menghalau ancaman tersebut, bukan menunggunya menjadi serangan nyata terhadap Bahrain.

    "Kami adalah negara yang bertekad untuk mengembangkan kapabilitas nasional kami. Strategi lama dan modern kami didasarkan pada kemitraan kuat dalam menghadapi berbagai ancaman," ujar Khalifa.

    Jumat kemarin, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan bahwa Bahrain akan menormalisasi hubungan dengan Israel setelah Uni Emirat Arab melakukannya terlebih dahulu. Bahrain dan UEA sama-sama akan menandatangani normalisasi dengan Israel di Gedung Putih pada Selasa ini.

    Israel, Bahrain, dan UEA sama-sama merupakan rival Iran dan menjalin hubungan dekat dengan Washington.

    Manama telah menuduh Teheran memprovokasi aksi protes komunitas Syiah terhadap dinasti Sunni Al-Khalifa yang berkuasa di Bahrain. Bahrain bergantung pada intervensi Arab Saudi untuk meredam kritik selama berlangsungnya Arab Spring di tahun 2011.

    Selain itu, Bahrain juga bergantung pada Arab Saudi dalam hal dukungan finansial.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id