Presiden Lebanon Serukan Persatuan Nasional di HUT Kemerdekaan

    Willy Haryono - 22 November 2020 19:04 WIB
    Presiden Lebanon Serukan Persatuan Nasional di HUT Kemerdekaan
    Presiden Lebanon Michel Aoun. (AFP)
    Beirut: Presiden Lebanon Michel Aoun menyampaikan pidato nasional di perayaan hari ulang tahun kemerdekaan negara tersebut pada Minggu, 22 November 2020. Ia menyerukan kepada semua warga untuk bersatu dan bersama-sama berjuang demi membawa Lebanon keluar dari krisis.

    Menurut Aoun, Lebanon telah menjadi sandera aksi korupsi serta ambisi domestik dan kekuatan asing. Hal-hal tersebut dinilai Aoun telah membuat kemerdekaan, kedaulatan, dan demokrasi menjadi kata-kata belaka.

    Di waktu bersamaan, Aoun mengatakan bahwa kemerdekaan sesungguhnya bagi Lebanon dan penghapusan sistem korupsi merupakan hal yang mungkin terjadi. Dalam konteks ini, ia menyerukan dialog nasional dan unifikasi beberapa posisi penting demi mengeluarkan Lebanon dari krisis.

    Aoun menyiratkan bahwa partai-partai politik di Lebanon sebaiknya memprioritaskan kepentingan negara ketimbang golongan.

    "Reformasi dan perjuangan untuk kemerdekaan tergantung kepada keinginan Anda, jadi tolong deklarasikan hal tersebut," ungkap Aoun, dikutip dari laman Sputnik.

    Lebanon dilanda krisis ekonomi terburuk dalam 30 terakhir, yang memicu gerakan aksi protes berskala nasional sejak Oktober 2019. Demonstrasi masif itu berujung pada pengunduran diri Saad Hariri dari pemerintahan Lebanon.

    Pada akhir April, gelombang protes terbaru meletus di Lebanon untuk alasan yang sama. Hal ini kemudian diperburuk pandemi virus korona (covid-19) dan juga ledakan di area pelabuhan di Beirut yang menewaskan ratusan orang.

    Setelah melewati semua itu, Pemerintah Lebanon pun mendorong rencana reformasi ekonomi demi mengatasi krisis finansial negara.

    Baca:  FBI: Tidak Ada Konklusi Pasti Terkait Ledakan Beirut

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id