Kedutaan Besar AS di Irak Jadi Target Serangan Roket

    Willy Haryono - 23 Februari 2021 06:16 WIB
    Kedutaan Besar AS di Irak Jadi Target Serangan Roket
    Ilustrasi oleh Medcom.id.



    Baghdad: Sebuah roket ditembakkan pada Senin 22 Februari 2021 menargetkan zona keamanan tinggi di ibu kota Irak, Baghdad. Wilayah yang menjadi incaran merupakan area Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS).

    Serangan itu adalah yang ketiga dalam seminggu yang menargetkan instalasi diplomatik, militer atau komersial Barat di seluruh Irak setelah berbulan-bulan relatif tenang.






    “Setidaknya dua roket menghantam dalam perimeter Zona Hijau, tempat Kedutaan Besar Amerika Serikat dan asing lainnya bertempat,” menurut pernyataan oleh dinas keamanan Irak, seperti dikutip AFP, Selasa 23 Februari 2021.

    Sebuah sumber keamanan di Zona Hijau mengatakan sistem pertahanan anti-roket C-RAM yang dikerahkan di Kedubes AS tidak menembak karena roket tidak diproyeksikan untuk mendarat di dalam kompleks diplomatik.

    Sebuah sumber keamanan mengatakan kepada AFP setidaknya satu roket menghantam markas besar Dinas Keamanan Nasional Irak di dekat misi diplomatik AS, merusak beberapa mobil yang diparkir di sana.

    Koalisi pimpinan AS yang dikerahkan di Irak sejak 2014 untuk membantu pasukan lokal memerangi militan juga mengoperasikan pangkalan di dekat kedutaan Amerika.

    "Koalisi melaporkan tidak ada kerusakan atau cedera," ucap Juru Bicara Koalisi Wayne Marotto di Twitter.

    “Setidaknya satu roket lainnya jatuh ke daerah pemukiman terdekat di Harithiya,” sebut pihak militer.

    Seorang penduduk daerah itu mengatakan kepada AFP bahwa roket itu merusak kompleks parkir bertingkat hanya beberapa meter dari rumahnya.

    Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu, tetapi militer mengatakan telah menemukan landasan peluncuran di distrik utara Baghdad.

    Serangan Erbil

    Serangan itu terjadi satu minggu setelah lebih dari selusin roket menargetkan kompleks militer di bandara Erbil di Irak utara, yang menampung pasukan asing dari koalisi pimpinan AS.

    Halaman Selanjutnya
    Dua orang tewas, termasuk satu…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id