Tiga Nelayan Palestina Tewas dalam Ledakan Misterius di Gaza

    Willy Haryono - 07 Maret 2021 18:04 WIB
    Tiga Nelayan Palestina Tewas dalam Ledakan Misterius di Gaza
    Sejumlah kapal terlihat berada di area pelabuhan Gaza pada 17 Februari 2021. (MOHAMMED ABED / AFP)



    Gaza: Tiga nelayan Palestina tewas dalam ledakan misterius di lepas pantai Jalur Gaza. Pernyataan disampaikan serikat nelayan Gaza pada Minggu, 7 Maret 2021.

    Namun dalam laporan di kantor berita Anadolu Agency, kepala Serikat Nelayan Palestina Nizar Ayyash mengatakan bahwa ketiga nelayan itu tewas usai kapal mereka terkena sebuah misil.






    "Ketiga korban dinyatakan meninggal usai sebuah misil mengenai kapal mereka di lepas pantai Jalur Gaza," kata Ayyash. Ia mengatakan sumber dari misil tersebut belum diketahui.

    Ledakan terjadi di dekat pesisir Khan Younis, sebuah kota di wilayah selatan Jalur Gaza.

    Pasukan Pertahanan Israel (IDF) membantah terlibat dalam kematian tiga nelayan di Gaza. IDF menegaskan tidak ada "tembakan Israel" ke arah Gaza pada Minggu pagi.

    "Kami meyakini ini adalah insiden internal di dalam Jalur Gaza," tutur IDF. Kementerian Dalam Negeri Hamas mengaku sedang "menginvestigasi insiden" tersebut.

    Israel membatasi zona menangkap ikan di lepas pantai Jalur Gaza sebagai bagian dari blokade terhadap wilayah yang dikuasai Hamas. Blokade disebut Israel diperlukan demi mencegah masuknya pasokan senjata ke Gaza.

    Baca:  Balas Peluncuran Dua Roket, Israel Gempur Terowongan Hamas

    Dalam keterangan di media Times of Israel, disebutkan bahwa ketiga nelayan tersebut Yahya Mustafa al-Laham, Hamdi al-Laham, dan Zakaria al-Laham. Ketiganya diyakini merupakan satu keluarga.

    Militer Israel dan Mesir beberapa kali melepaskan tembakan ke arah kapal yang melanggar aturan perbatasan laut di lepas pantai Jalur Gaza. Tahun lalu, dua nelayan Gaza tewas terkena tembakan pasukan Mesir.

    Hamas juga beberapa kali meluncurkan uji coba roket ke arah Laut Mediterania. Hal ini memicu spekulasi di kalangan Palestina, bahwa uji coba roket bisa saja mengenai nelayan yang sedang melaut.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id