Houthi Klaim Hantam Kilang Aramco Pakai Rudal Iran

    Marcheilla Ariesta - 24 November 2020 20:05 WIB
    Houthi Klaim Hantam Kilang Aramco Pakai Rudal Iran
    Kilang minyak Aramco diserang rudal Houthi. Foto: AFP.
    Jeddah: Pemberontak Houthi mengklaim berhasil menghantam fasilitas minyak Aramco milik Arab Saudi menggunakan rudal buatan Iran. Pernyataan ini dikeluarkan pemberontak itu saat Amerika Serikat mempertimbangkan status mereka sebagai kelompok teroris.

    "Pasukan kami menyerang pusat distribusi Aramco menggunakan rudal Quds 2, yang berhasil dikerahkan dalam operasi sebelum diumumkan jatuh dalam wilayah Arab Saudi," kata juru bicara Houthi, Yahya Saree lewat akun Twitter, dilansir dari Malay Mail, Selasa, 24 November 2020.

    Menurutnya, serangan itu tepat sasaran. Ia memperlihatkan gambar satelit berlabel 'pabrik Saudi Aramco' dalam unggahannya.

    "Kami mengulangi peringatan kami kepada warga Saudi dan perusahaan asing yang bekerja di Arab Saudi, operasi kami sedang berlangsung dan Anda harus menghindari instalasi vital, yang merupakan salah satu target yang kami maksudkan," imbuhnya.

    Sementara itu, menurut pemerintah Arab Saudi, aksi Houthi tersebut merupakan serangan terhadap "keamanan energi global."

    "Houthi tidak menyerang Aset Nasional Kerajaan, tapi pusat dari perekonomian global dan rute pasokannya. Mereka juga telah menyerang keamanan energi global," ujar juru bicara koalisi Saudi, Kolonel Turki al-Maliki.

    Tahun lalu, Houthi telah menyerang fasilitas minyak Abqaiq dan Khurais milik Aramco. Dalam rangkaian serangan itu, Saudi menduga Houthi telah menggunakan misil jelajah serta pesawat tanpa awak (drone) buatan Iran.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id