Khamenei Bertekad Lindungi Ekonomi Iran di Tengah Pandemi

    Willy Haryono - 28 Juni 2020 17:05 WIB
    Khamenei Bertekad Lindungi Ekonomi Iran di Tengah Pandemi
    Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei. (Foto: AFP)
    Teheran: Pemimpin agung Iran Ayatollah Ali Khamenei mengingatkan bahwa kondisi perekonomian negara berpotensi memburuk jika penyebaran virus korona (covid-19) tidak ditangani dengan baik. Pernyataan disampaikan saat Pemerintah Iran meluncurkan kampanye mengenakan masker bagi semua warga.

    Iran telah berjuang menangani wabah covid-19 sejak kasus pertamanya muncul di kota Qom pada Februari lalu. Iran telah menutup sejumlah tempat usaha, sekolah, dan membatalkan berbagai acara publik pada Maret lalu.

    Namun sejak April, Iran secara bertahan melonggarkan berbagai pembatasan dalam upaya memutar kembali roda perekonomian.

    "Sesuatu harus dilakukan demi mencegah terjadinya masalah ekonomi akibat virus korona," kata Khamenei.

    "Namun jika virus ini dibiarkan dan penyebarannya kembali memburuk, maka masalah ekonomi juga pasti akan meningkat," sambungnya, dikutip dari laman CGTN, Minggu 28 Juni 2020.

    Dalam beberapa hari terakhir, nilai mata uang rial Iran anjlok terhadap dolar Amerika Serikat karena berbagai faktor, termasuk pandemi covid-19 dan juga sanksi ekonomi dari Washington.

    Perekonomian Iran sudah memburuk sejak 2018, saat Presiden AS menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 dan kembali menjatuhkan sanksi kepada Teheran. Kondisi tersebut diperparah dengan kemunculan covid-19.

    Sabtu kemarin, juru bicara Kementerian Kesehatan Iran Sima Sadat Lari mencatat adanya tambahan 2.456 kasus covid-19 dalam 24 jam terakhir. Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Minggu ini, total infeksi covid-19 di Iran telah mencapai 220.180 dengan 10 ribu lebih kematian dan 180.661 pasien sembuh.

    Demi menekan penyebaran covid-19, Kemenkes Iran meluncurkan kampanye #Iwearmask (saya menggunakan masker) pada Sabtu kemarin. Lewat kampanye ini, semua warga Iran diminta untuk selalu mengenakan masker saat berada di ruang publik.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id