comscore

Menlu Retno Inginkan Solusi Langgeng dan Adil untuk Palestina

Marcheilla Ariesta - 09 Februari 2021 21:06 WIB
Menlu Retno Inginkan Solusi Langgeng dan Adil untuk Palestina
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Yordania, Ayman Safadi. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Amman: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan kunjungan ke Yordania. Saat bertemu dengan Menlu Yordania, Ayman Safadi, keduanya membahas penguatan kerja sama pupuk.

"Fosfat merupakan salah satu kerja sama prioritas Indonesia dengan Yordania. Kami telah mengembangkan kerja sama di sektor ini selama bertahun-tahun," ucap Retno dalam konferensi pers bersama dengan Menlu Ayman, Selasa, 9 Februari 2021.
Kata Retno, salah satu kisah sukses kerja sama pupuk ini adalah Joint Venture antara Perusahaan Pertambangan Fosfat Yordania (JPMC) dengan PT Petrokimia Gresik.

Sejauh ini, kata Retno, pengoperasian Joint Venture berjalan dengan baik. Karenanya, untuk semakin mengembangkan kerja sama tersebut, ia akan bertemu dengan Menteri Koordinator Perekonomian Yordania guna menjajaki kerja sama lebih lanjut terkait pupuk.

"Indonesia juga telah mengusulkan untuk memiliki Perjanjian Perdagangan Preferensial (PTA) dengan Yordania, dan berharap mendapat respons positif dalam usul ini," ungkapnya.

Selain membahas kerja sama pupuk, menlu perempuan pertama Indonesia ini juga berbincang mengenai vaksin. Retno menegaskan kembali pentingnya akses yang sama untuk vaksin bagi semua dan bahaya nasionalisme vaksin.

"Indonesia juga setuju untuk menyelesaikan semua perjanjian yang tertunda, termasuk nota kesepahaman (MoU) tentang kontra-terorisme," ujarnya.

Tak ketinggalan, masalah Palestina juga dibahas dalam pertemuan tersebut. Menurut Retno, Palestina adalah masalah yang sangat penting.

Menlu Retno mengatakan menyambut baik keputusan pertemuan darurat Liga Arab mengenai Palestina. Retno mengatakan akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Palestina besok, Rabu, 10 Februari 2021.

"Dukungan Indonesia untuk perjuangan Palestina tidak tergoyahkan. Indonesia berharap tahun ini menjadi tahun yang lebih baik untuk upaya meraih keuntungan, langkah maju yang signifikan dalam mencapai solusi yang langgeng dan adil untuk masalah Palestina," seru Retno.

Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi mengatakan bahwa Palestina adalah prioritas utama Yordania. Menurutnya Indonesia dan Yordania memiliki kesepakatan mutlak bahwa masalah Palestina adalah penyebab utama, dan perdamaian tidak akan tercapai tanpa menyelesaikan masalah Timur Tengah dan solusi dua negara yang disepakati.

Lebih lanjut Ayman menuturkan upaya Yordania dalam isu Palestina ini terkoordinasi dalam pembicaraan dengan komunitas internasional dan organisasi Islam.

Baca juga: Temui Menlu Retno, Yordania Sebut Prioritaskan Palestina
 

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id