Terinfeksi Covid-19, Petinggi Palestina Berada dalam Kondisi Serius

    Willy Haryono - 19 Oktober 2020 09:55 WIB
    Terinfeksi Covid-19, Petinggi Palestina Berada dalam Kondisi Serius
    Kepala negosiator Palestina Saeb Erekat. (AFP)
    Ein Karem: Kepala negosiator Palestina Saeb Erekat berada dalam kondisi "serius namun stabil" usai terinfeksi virus korona (covid-19). Saat ini ia sedang dirawat di rumah sakit Hadassah University Hospital di Ein Karem dekat Yerusalem.

    Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) mengatakan bahwa pria 65 tahun itu membutuhkan perawatan intensif karena pernah menjalani transplantasi organ paru-paru pada 2017.

    Dalam sebuah pernyataan, pihak rumah sakit mengatakan bahwa Erekat datang dalam "kondisi kritis" sehingga harus diberikan "oksigen beraliran tinggi."

    "Erekat mendapat perawatan profesional terbaik seperti semua pasien korona di Hadassah. Semua staf melakukan yang terbaik untuk membantu pemulihannya," kata direktur rumah sakit, Profesor Zeev Rothstein.

    "Di Hadassah, kami merawat setiap pasien dengan menganggap dirinya sebagai satu-satunya pasien di sini," sambung dia, dikutip dari laman BBC pada Senin, 19 Oktober 2020.

    Erekat merupakan negosiator kunci dalam dialog damai dengan Israel selama bertahun-tahun. Ia adalah salah satu arsitek Oslo Accords, rangkaian perjanjian yang ditandatangani Israel dan Palestina di era 1990-an.

    "Karena terinfeksi covid-19, dan karena masalah kesehatan kronis dalam sistem pernapasannya, Erekat kini membutuhkan perawatan medis di rumah sakit," ungkap pernyataan PLO pada Minggu, 18 Oktober.

    Sejumlah saksi mata mengaku melihat Erekat diangkut dari rumahnya di Jericho ke dalam sebuah ambulans. Kakak Erekat, Saber Erekat, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa "situasinya saat ini tidak begitu baik."

    Masuknya Erekat ke rumah sakit terjadi saat Israel melonggarkan penguncian (lockdown) berskala nasional yang sudah diterapkan selama satu bulan. Lockdown dilonggarkan usai terjadinya penurunan infeksi covid-19 secara signifikan.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id