Populer Internasional: PM Ethiopia ke Medan Perang Hingga Armenia-Azerbaijan Berdamai

    Willy Haryono - 28 November 2021 11:36 WIB
    Populer Internasional: PM Ethiopia ke Medan Perang Hingga Armenia-Azerbaijan Berdamai
    PM Ethiopia Abiy Ahmed. (AFP)



    Addis Ababa: Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed terlihat turun langsung ke medan perang dalam memimpin pasukannya melawan pemberontak wilayah Tigray. Kabar ini menjadi salah satu berita terpopuler di kanal internasional Medcom.id pada Minggu, 28 November 2021.

    Dua berita terpopuler lainnya adalah Turki yang menyelamatkan puluhan pencari suaka dan perjanjian penurunan ketegangan antara Armenia dan Azerbaijan.

    Berikut selengkapnya:

    • Berpakaian Militer, PM Ethiopia Terlihat Berada di Medan Perang
    Dalam sebuah langkah dramatis sekitar dua tahun usai menerima Hadiah Nobel Perdamaian, PM Ethiopia Abiy Ahmed terlihat turun langsung ke medan perang dalam memimpin pasukannya melawan pemberontak wilayah Tigray. Sebelumnya, PM Abiy Ahmed telah mengumumkan kesiapannya untuk turun langsung ke lapangan dan memimpin pasukan di garda terdepan.
     
    Berpakaian militer dan berbicara kepada sebuah saluran televisi, PM Abiy terlihat berada di suatu area terbuka. Saluran televisi tersebut melaporkan bahwa PM Abiy berada di wilayah Afar.

     



    Kemunculannya di televisi terjadi beberapa hari usai pemerintah Ethiopia melarang semua media dalam malaporkan informasi tidak resmi seputar konflik Tigray.

    Apa yang dikatakan PM Abiy Ahmed saat dirinya berada di medan perang? Cek selengkapnya di sini.
    • Turki Selamatkan 29 Pencari Suaka yang Diusir Yunani ke Laut Aegea
    Turki menyelamatkan 29 pencari suaka pada Sabtu pagi kemarin, setelah mereka semua didorong secara ilegal oleh Yunani ke Laut Aegea. Penjaga Pantai Turki mengatakan bahwa para pencari suaka yang menaiki sebuah perahu sederhana itu telah dibawa ke pesisir pantai dekat distrik Cesme, provinsi Izmir.

    Penjaga Pantai Turki juga menyelamatkan 21 imigran gelap yang menaiki sebuah perahu karet di perairan provinsi Dikili.

    Mengapa Turki sering melakukan penyelamatan terhadap pencari suaka atau imigran yang didorong Yunani? Cek selengkapnya di sini.
    • Armenia dan Azerbaijan Sepakat Turunkan Ketegangan di Bawah Pengawasan Putin
    Armenia dan Azerbaijan sepakat menurunkan ketegangan dari sisa-sisa pertempuran mereka di wilayah Nagorno-Karabakh tahun lalu. Kesepakatan tercapai dalam sebuah pertemuan yang dimediasi Presiden Rusia Vladimir Putin di kota Sochi pada Jumat kemarin.

    Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan dan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev sama-sama menyebut pertemuan tersebut sebagai dialog yang "positif."

    Putin mengumumkan bahwa kedua pemimpin sepakat untuk memulai proses demarkasi perbatasan, membangun kembali jaringan transportasi di kawasan, dan juga melanjutkan dialog seputar "isu-isu kemanusiaan."

    Apa lagi yang dikatakan Putin mengenai kesepakatan dua negara ini? Cek selengkapnya di sini.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id