Unjuk Rasa Menentang PM Israel Masuki Bulan Ketiga

    Willy Haryono - 06 September 2020 13:05 WIB
    Unjuk Rasa Menentang PM Israel Masuki Bulan Ketiga
    Ribuan orang berunjuk rasa di dekat kediaman PM Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem pada 5 September 2020. (Foto: AFP)
    Yerusalem: Ribuan warga Israel kembali berunjuk rasa di luar kediaman resmi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di Yerusalem pada Sabtu 5 September malam waktu setempat. Aksi protes yang bertujuan agar Netanyahu segera mundur dari jabatannya ini telah memasuki pekan ke-12 atau bulan ketiga.

    Demonstran merasa PM Netanyahu harus segera mundur karena dinilai gagal menangani pandemi virus korona (covid-19) dan juga terjerat dugaan korupsi.

    Dikutip dari laman Arab News, Minggu 6 September 2020, pengunjuk rasa membawa spanduk bertuliskan "revolusi" dan "pergi dari sini" sembari mengibarkan bendera Israel. Selain di depan kediaman PM Netanyahu, sekelompok kecil pedemo juga berkumpul di beberapa jembatan dan persimpangan jalan.

    Pemerintah Israel bergerak cepat dalam menangani pandemi covid-19 pada musim semi tahun lalu. Namun lonjakan kasus covid-19 di Israel melonjak lagi usai Pemerintah Israel memutuskan membuka kembali perekonomian yang sempat ditutup selama berlangsungnya pandemi.

    Angka kematian akibat covid-19 di Israel telah melampaui 1.000. Saat ini, Israel mempertimbangkan pemberlakuan kembali kebijakan penguncian wilayah (lockdown) untuk menghentikan melonjaknya angka infeksi harian covid-19.

    Saat ini Israel mencatat lebih dari 26 ribu kasus aktif covid-19.

    Meski demonstrasi dalam beberapa pekan terakhir di Israel berlangsung damai, pengunjuk rasa kerap terlibat bentrok dengan aparat keamanan. Sedikitnya 13 penangkapan telah dilakukan selama berlangsungnya aksi protes mengecam PM Netanyahu.

    PM Netanyahu menyebut para demonstran sebagai "anarkis" yang berasal dari kelompok sayap kiri. Namun pernyataan dan usaha PM Netanyahu sejauh ini belum berhasil meredam gerakan massa.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id