Uni Emirat Arab Resmi Hentikan Boikot terhadap Israel

    Willy Haryono - 31 Agustus 2020 11:31 WIB
    Uni Emirat Arab Resmi Hentikan Boikot terhadap Israel
    Bendera Uni Emirat Arab dan Israel berkibar di kota Netanya, 16 Agustus 2020. (Foto: AFP)
    Abu Dhabi: Pemerintah Uni Emirat Arab mengeluarkan dekrit yang secara formal mengakhiri boikot terhadap produk-produk Israel. Dekrit ini merupakan bagian dari perjanjian normalisasi antara UEA dan Israel.

    UEA kini dapat menjalin kerja sama dagang secara terbuka dengan Israel. Selama ini kedua negara sebenarnya sudah menjalin kerja sama, namun bersifat informal.

    Dekrit terbaru semakin memperdalam perjanjian normalisasi kedua negara, yang mewajibkan Israel menghentikan rencana aneksasi sejumlah wilayah di Tepi Barat. Dekrit ini mengeliminasi aturan konstitusi tahun 1972 yang dibuat tak lama usai pembentukan negara UEA.

    Aturan konstitusi tersebut juga diterapkan di beberapa negara Arab lain, yang hanya akan mengakui Israel setelah Palestina menjadi negara merdeka.

    Menurut laporan kantor berita WAM, dekrit penghentian boikot dikeluarkan atas perintah Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, penguasa Abu dhabi dan juga pemimpin Emirates.

    WAM mengatakan dekrit terbaru ini memungkinkan warga dan perusahaan Israel untuk berbisnis di UEA. Warga UEA juga kini dapat dengan bebas membeli barang-barang asal Israel.

    "Perilisan dekrit sesuai dengan upaya UEA untuk memperluas kerja sama diplomatik dan komersial dengan Israel," sebut laporan di WAM, seperti dilansir oleh Global News, Minggu 30 Agustus 2020.

    "Selain itu, dekrit juga membuka jalan menuju peluncuran kerja sama gabungan dengan menstimulasi pertumbuhan ekonomi dan mendorong inovasi teknologi," sambungnya.

    Sejumlah perusahaan Israel sudah menandatangani perjanjian dengan beberapa perusahaan UEA. Namun berkat dekrit ini, peluang kerja sama dapat dikembangkan di area-area lain, seperti penerbangan, perbankan, atau finansial.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id