Buronan Genosida Rwanda 1994 Ditangkap di Prancis

    Arpan Rahman - 17 Mei 2020 16:03 WIB
    Buronan Genosida Rwanda 1994 Ditangkap di Prancis
    Apartemen yang ditempati Felicien Kabuga di Asnieres-Sur-Seine, Prancis. (Foto: AFP)
    Paris: Seorang buronan peristiwa genosida Rwanda di tahun 1994 akhirnya berhasil ditangkap di Prancis. Felicien Kabuga, pria berusia 84 tahun, ditangkap dalam sebuah operasi penggerebekan di wilayah pinggiran dekat Paris, Sabtu 16 Mei.

    Kabuga, yang dituding mendanai genosida di Rwanda, merupakan salah satu pria paling diburu di dunia. Selama ini, ia tinggal di Prancis dengn menggunakan identitas palsu.

    Otoritas Prancis mengatakan, Kabuga bersembunyi di sebuah apartemen di Asnieres-Sur-Seine. Ia dibantu anak-anaknya yang telah membuat sistem efektif untuk menyembunyikan keberadaan sang ayah.

    Sekitar 800 ribu orang, sebagian besar etnis Tusis dan sebagiannya Hutu, tewas dibunuh ekstremis Hutu dengan pisau dan senjata lainnya di Rwanda selama periode tiga bulan di tahun 1994.

    Dalam genosida Rwanda, Kabuga dituding menciptakan kelompok milisi Interahamwe dan mempersenjatainya dengan golok. Sebagai salah satu orang terkaya di Rwanda, Kabuga juga memiliki media Radio Télévision Libre des Mille Collines.

    "Felicien Kabuga juga dikenal sebagai penyandang dana genosida Rwanda," ujar otoritas Prancis, dilansir dari Guardian, Minggu 17 Mei 2020.

    Rwanda merupakan bagian dari orang dekat pemerintahan Rwanda di bawah kepemimpinan Juvenal Habyarimana. Pembunuhan Habyarimana merupakan pemicu genosida di Rwanda. Dua anak Kabuga menikah dengan anak-anak Habyarimana.

    Penangkapan Kabuga dipastikan memunculkan pertanyaan mengenai bagaimana bisa ia terus menghindari kejaran petugas, sementara tempat tinggalnya berada dekat dengan ibu kota Prancis.

    Pada 1997, Kabuga didakwa tujuh pasal di Pengadilan Kriminal Internasional PBB. Salah satu pasal itu adalah genosida.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id