Putra Mahkota UEA Tegaskan Komitmen terhadap Negara Palestina

    Willy Haryono - 01 September 2020 09:43 WIB
    Putra Mahkota UEA Tegaskan Komitmen terhadap Negara Palestina
    Putra Mahkota Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan. (Foto: AFP/File)
    Abu Dhabi: Putra Mahkota Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan menegaskan bahwa pihaknya tetap berkomitmen terhadap pembentukan negara independen Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya. Ia mengklaim UEA tetap berkomitmen mendukung Palestina meski telah menyepakati perjanjian normalisasi dengan Israel.

    Dilansir dari laman The Jerusalem Post, Senin 31 Agustus 2020, sang putra mahkota mengatakan bahwa normalisasi UEA dengan Israel adalah keputusan yang diambil atas dasa perdamaian.

    "Perdamaian adalah pilihan strategis, namun tanpa mengorbankan isu Palestina," tegasnya.

    Pernyataan Sheikh Mohammed bin Zayed disampaikan usai delegasi Israel dan Amerika Serikat mengunjungi UEA melalui penerbangan komersil perdana di bawah perjanjian normalisasi. Penerbangan langsung dari Israel ke UEA itu berlangsung pada Senin kemarin.

    Penasihat Gedung Putih Jared Kushner ikut serta dalam delegasi AS ke UEA. Menantu dari Presiden AS Donald Trump itu menyerukan kepada Palestina untuk tidak "terjebak di masa lalu."

    "Mereka (Palestina) harus datang ke meja perundingan. Perdamaian akan disiapkan untuk mereka, sebuah kesempatan akan disiapkan saat mereka sudah siap menerimanya," sebut Kushner.

    Dalam sebuah pernyataan gabungan, UEA, Israel dan AS mendorong para pemimpin Palestina untuk kembali berdialog dengan pihak Israel.

    Otoritas Palestina (PA) mengecam perjanjian normalisasi Israel-UEA. Presiden PA Mahmoud Abbas menyebut langkah UEA seperti "menusuk Palestina dari belakang."

    Kepala negosiator PA, Saeb Erekat, memperingatkan bahwa perjanjian Israel-UEA hanya akan menghancurkan Solusi Dua Negara (Two-State Solution) dan memperkuat "ekstremis" serta merusak "kemungkinan tercapainya perdamaian."

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id