Iran Loloskan 7 Kandidat untuk Pilpres Juni Mendatang

    Willy Haryono - 25 Mei 2021 17:03 WIB
    Iran Loloskan 7 Kandidat untuk Pilpres Juni Mendatang
    Pemimpin agung Iran Ayatollah Ali Khamenei. (AFP)



    Teheran: Saluran televisi nasional Iran mengumumkan bahwa hanya tujuh kandidat yang diloloskan untuk mengikuti pemilihan umum presiden pada Juni mendatang. Pengumuman ini secara drastis memangkas jumlah kandidat pilpres dari sebelumnya di angka 592.

    Dilansir dari laman The New Arab pada Selasa, 25 Mei 2021, laporan dari Teheran tidak menyebutkan nama ketujuh kandidat.

     



    Abbas Ali Kadkhodaei, juru bicara Dewan Perwalian Iran, mengonfirmasi bahwa "hanya tujuh" kandidat yang lolos untuk pilpres bulan depan. Para kandidat tersebut telah diseleksi oleh panel ulama dan juri, yan juga disaksikan Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei.

    Kementerian Dalam Negeri Iran, yang menangani masalah kebijakan seputar pemilu, biasanya mengumumkan nama-nama kandidat. Pada 2017, sebanyak 1.630 tokoh mendaftar untuk menjadi kandidat pilpres Iran.

    Baca:  Total 592 Warga Iran Mendaftar Jadi Kandidat Pilpres

    Kepala Pengadilan Iran Ebrahim Raisi, seorang ulama garis keras yang bersaing dengan Hassan Rouhani di tahun 2017. dianggap para analis sebagai kandidat terkuat dalam pilpres tahun ini.

    Sebagian warga Iran frustrasi dengan kepemimpinan Rouhani terkait perjanjian nuklir 2015. Salah satu pencapaian terbesar Rouhani itu kini sudah tak karuan setelah Donald Trump menarik diri dari perjanjian itu secara sepihak di tahun 2018.

    Pemerintahan baru AS di bawah Joe Biden bertekad untuk kembali ke perjanjian tersebut -- Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA).

    Namun AS ingin terlebih dahulu melihat kesediaan Iran untuk menurunkan intensitas program nuklirnya.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id