AS Jadi Tuan Rumah Normalisasi Hubungan Israel-UEA-Bahrain

    Marcheilla Ariesta - 15 September 2020 17:23 WIB
    AS Jadi Tuan Rumah Normalisasi Hubungan Israel-UEA-Bahrain
    Presiden AS Donald Trump akan jadi saksi normalisasi hubungan Israel-Uni Emirat Arab dan Bahrain. Foto: AFP
    Washington: Upacara normalisasi hubungan Israel dengan Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain akan dilangsungkan Kamis, 17 September 2020 mendatang. Upacara ini akan digelar di halaman selatan Gedung Putih dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump sebagai tuan rumahnya.

    Baca: UEA dan Mesir Sambut Baik Normalisasi Bahrain-Israel.

    Normalisasi hubungan Israel dan negara Islam tersebut diharapkan dapat meningkatkan terpilihnya kembali Partai Republik yang menaungi Trump di pemilihan presiden AS mendatang.

    Acara ini nantinya akan dihadiri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan para menteri luar negeri Bahrain dan UEA. Kedua negara ini akan menjadi negara-negara Arab pertama yang menjalin hubungan dengan Israel sejak Mesir pada 1979, dan Yordania pada 1994.

    "Semua pihak bersemangat," kata seorang pejabat senior pemerintahan Trump, dilansir dari laman Arutz Sheva, Selasa, 15 September 2020.

    Ratusan orang diundang untuk hadir melihat jabat tangan simbolis normalisasi hubungan ketiga negara tersebut. Meski mendapat tentangan karena dilakukan di tengah pandemi virus korona, pejabat mengatakan mereka sudah memikirkan caranya.

    Baca: Bahrain Sebut Normalisasi dengan Israel Demi Halau Iran.

    "Semua orang akan diuji. Jadi jika mereka ingin terlibat dalam segala jenis kontak fisik, akan tetap aman," tutur pejabat itu.

    Untuk Timur Tengah, kesepakatan yang dinamai Abraham Accords menandai perubahan yang berbeda bagi negara-negara Arab. Selama puluhan tahun, negara Arab berada dalam status quo untuk mempertahankan persatuan melawan Israel atas tindakan mereka kepada warga Palestina.

    Otoritas Palestina menentang normalisasi UEA dan Bahrain dengan Israel. Mereka mengatakan dua negara itu sebagai pengkhianat.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id