Dua Kasus Perdana Covid-19 Muncul di Jalur Gaza

    Willy Haryono - 22 Maret 2020 07:45 WIB
    Dua Kasus Perdana Covid-19 Muncul di Jalur Gaza
    Staf medis merawat seorang pasien di sebuah rumah sakit di Jalur Gaza. (Foto: AFP)
    Gaza: Dua kasus perdana penyakit virus korona (covid-19) muncul di Jalur Gaza pada Sabtu 21 Maret malam waktu setempat. Kedua pasien merupakan warga Palestina yang baru saja pulang dari Pakistan melalui Mesir.

    Sejak dinyatakan positif covid-19, keduany dikarantina di Rafah, sebuah kota di dekat perbatasan Mesir. Dikutip dari Guardian, Minggu 22 Maret 2020, mereka berdua tiba di Gaza via Mesir pada Kamis kemarin.

    Sementara itu, sejumlah sekolah, pasar, dan gedung serba guna di Jalur Gaza telah ditutup sejak dua pekan lalu. Penutupan bertujuan meminimalisasi risiko penyebaran covid-19.

    Memiliki luas 375 kilometer per segi, Jalur Gaza adalah rumah bagi sekitar dua juta warga Palestina. Kemiskinan dan pengangguran di wilayah tersebut relatif tinggi.

    Blokade Israel terhadap Jalur Gaza telah membatasi pergerakan masyarakat dan lalu lintas barang di Gaza selama bertahun-tahun. Peperangan di Gaza telah beberapa kali terjadi antara kelompok Hamas dan pasukkan Israel.

    Pekan kemarin, Hamas mengatakan hanya akan mengizinkan warga untuk keluar dari Gaza jika terkait urusan medis. Warga Gaza yang membutuhkan perawatan medis akan diantar ke Mesir atau Israel.

    Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, 53 kasus covid-19 telah terkonfirmasi di Tepi Barat.

    Covid-19 pertama kali muncul di Wuhan, provinsi Hubei, Tiongkok, pada akhir Desember 2019. Virus itu kini telah menyebar 170 negara dengan total kasus di kancah global melampaui 304 ribu.

    Sementara jumlah korban tewas akibat covid-19 di kancah global telah melampaui 12 ribu, dengan pasien sembuh menyentuh angka 91.679.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id