Badai Gloria, Ratusan Ribu Rumah Kehilangan Aliran Listrik

    Arpan Rahman - 22 Januari 2020 14:44 WIB
    Badai Gloria, Ratusan Ribu Rumah Kehilangan Aliran Listrik
    Angin kencang yang dibawa Badai Gloria menerjang Barcelona, Spanyol, 21 Januari 2020. (Foto: AFP/JOSEP LAGO)
    Girona: Ratusan ribu rumah di Spanyol kehilangan aliran listrik sebagai imbas dari terjangan Badai Gloria yang membawa hujan deras dan juga salju tebal, Selasa 21 Januari 2020. Sejak Minggu kemarin, Badai Gloria di Spanyol telah menewaskan empat orang.

    Menurut laporan dinas urusan darurat Spanyol, 220 ribu rumah di Girona kehilangan aliran listrik. Sementara ruas jalan sepanjang 2.600 kilometer di kota tersebut tertutup salju.

    Dikutip dari Sky News, Operator Aena terpaksa menutup bandara Alicante selama 24 jam sepanjang akhir pekan kemarin akibat cuaca buruk. Penutupan telah mengganggu lebih dari 150 penerbangan.

    Valencia dan Kepulauan Balearic di Ibiza dan Formentera merupakan wilayah terparah diterjang Badai Gloria. Otoritas Spanyol memprediksi cuaca buruk terkait Gloria masih akan berlanjut hingga Rabu ini.

    Agensi Cuaca Nasional Spanyol telah mendeklarasikan level siaga merah atas Gloria, yang diperkirakan membawa angin kencang berkecepatan 130 kilometer per jam dan juga dapat memicu gelombang laut setinggi 7 meter.

    Seorang pria dikabarkan tewas akibat terkena dampak Badai Gloria di Asturias. Media lokal menyebut korban tertabrak mobil saat sedang memasang rantai salju ke kendaraan miliknya.

    Sementara di kota Pedro Bernardo, seorang pria berusia 63 tahun tewas akibat tertimpa genteng rumahnya yang tertiup angin. Di Gandia dekat Valencia, cuaca ekstrem yang dibawa Badai Gloria juga menewaskan wanita tunawisma berusia 54 tahun.

    Wali Kota Moixent di Valencia melaporkan bahwa seorang pria ditemukan tewas di luar rumahnya. Ia diyakini meninggal akibat hipotermia.

    Pemerintah daerah Catalonia telah melarang segala bentuk aktivitas luar ruangan untuk Girona, Barcelona dan beberapa wilayah pusat. Mereka yang tidak mentaati aturan tersebut akan terkena denda.

    Sedikitnya 120 daerah di seantero Catalonia telah menghentikan aktivitas sekolah akibat terjangan Badai Gloria.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id