Gelombang Panas Ancam Struktur Katedral Notre Dame

    Sonya Michaella - 26 Juli 2019 08:45 WIB
    Gelombang Panas Ancam Struktur Katedral Notre Dame
    Gereja Katedral Notre Dame sedang dibangun ulang. (Foto: Sonya Michaella/Medcom)
    Paris: Gereja Katedral Notre Dame di Prancis yang kini sedang dibangun ulang pascakebakaran hebat, menghadapi ancaman baru yakni gelombang panas.

    "Temperatur panas di Paris saat ini yang melampaui 40 derajat Celcius menjadi faktor utama yang mengancam struktur Notre Dame," kata Kepala Arsitek Philippe Villeneuve, dikutip dari CNN, Jumat 26 Juli 2019.

    Dia pun khawatir bahwa struktur Notre Dame bisa kolaps kapan saja karena suhu yang berubah-ubah di Paris selama beberapa bulan terakhir. 

    "Yang saya takutkan adalah jika batu di sendi-sendi Gereja Notre Dame itu mengering, maka kolong yang ada akan runtuh," ucap Villeneuve.

    Api yang melalap habis konstruksi Notre Dame yang berusia 850 tersebut kini membuat gereja itu ditutup untuk sementara. Pemerintah Prancis memutuskan untuk merenovasi gereja kurang lebih selama tiga tahun ke depan.

    Sementara gelombang panas kembali melanda Eropa pekan ini. Di Bordeaux, suhu panas bahkan mencapai 41,2 derajat Celcius.

    Katederal Katolik abad pertengahan ini merupakan salah bangunan bersejarah yang paling banyak dikunjungi di Eropa. Nama Notre Dame makin terkenal setelah masuk dalam novel karya Victor Hugo, ‘The Hunchbak of Notre Dame'.

    Gereja ini juga dijadikan lokasi upacara pemakaman Charles de Gaulle, seorang tokoh yang memimpin resistensi Prancis selama perang.




    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id