comscore

12 Imigran Mati Membeku, Turki-Yunani Memanas

Fajar Nugraha - 03 Februari 2022 02:42 WIB
12 Imigran Mati Membeku, Turki-Yunani Memanas
Ilustrasi imigran/AFP.
Ankara: Sebanyak 12 imigran tewas saat menuju Yunani. Pemerintah Turki menuduh Yunani membiarkan imigran mati di musim dingin, karena mendorong mereka kembali melintasi perbatasan Turki.

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengancam bakal meningkatkan ketegangan kedua negara. Soylu juga menyebut Uni Eropa tak cukup mendukung Turki yang menampung lima juta imigran dan pengungsi Afghanistan.
"Sebanyak 12 dari 22 imigran didorong kembali oleh unit perbatasan Yunani mati membeku setelah pakaian dan sepatu dilucuti dari tubuh mereka," ucap Soylu, seperti dikutil AFP, Kamis 3 Februari 2022.

"Uni Eropa tidak dapat diperbaiki, lemah dan tidak memiliki perasaan manusiawi", tambahnya.

Soylu mengatakan, foto-foto itu diambil di dekat kota perbatasan barat Turki, Ipsala.
Kantor gubernur regional mengatakan 11 dari imigran ditemukan tewas membeku.

Baca: Penjaga Pantai Turki Selamatkan 98 Imigran di Laut Aegea

"Imigran lain yang dilarikan ke rumah sakit dengan radang dingin parah tidak dapat diselamatkan dan meninggal," kata kantor gubernur.

Hubungan Ankara-Athena memanas sejak 2020. Kala itu, Turki mengeksplorasi gas alam di perairan Mediterania timur yang diklaim oleh Yunani dan Siprus 2020.

Ketegangan ini diperparah klaim Ankara yang menyebut otoritas Yunani melanggar konvensi internasional dengan mencegat kapal imigran di Laut Aegea dan kemudian mengirim mereka kembali ke Turki.

Penjaga pantai Turki telah menyelamatkan lebih dari 15.000 imigran yang didorong mundur oleh Yunani tahun lalu. Tim penyelamat menemukan jasad 15 imigran.

Pemerintah Yunani membantah melanggar konvensi internasional dan bersikeras melakukan tugasnya untuk melindungi perbatasan tenggara UE dari penyeberangan ilegal. Sementara Uni Eropa mendukung pernyataan itu, dan membuat Turki meradang. Kantor gubernur Turki mengatakan para pejabat kehakiman telah menginvestigasi kematian para imigran.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id