Ribuan Warga Rusia Tuntut Pemilu Bebas dan Adil - Medcom

    Ribuan Warga Rusia Tuntut Pemilu Bebas dan Adil

    Willy Haryono - 21 Juli 2019 08:12 WIB
    Ribuan Warga Rusia Tuntut Pemilu Bebas dan Adil
    Ribuan orang berunjuk rasa di Moskow, Rusia, 20 Juli 2019. (Foto: AFP/Maxim Zmeyev)
    Moskow: Lebih dari 20 ribu orang berkumpul di Moskow dalam menuntut pemilihan umum bebas dan adil untuk wilayah ibu kota. Mereka menyerukan agar sejumlah kandidat dari kubu oposisi diizinkan untuk mendaftar dalam pemilu September mendatang.

    Otoritas Moskow menolak beberapa nama, meski para kandidat telah mengumpulkan minimal 5.000 tanda tangan untuk dapat berpartisipasi. Ribuan tanda tangan itu dinilai tidak valid.

    Sejumlah petinggi oposisi, termasuk Alexei Navalny yang namanya paling terkenal, ikut serta dalam unjuk rasa. Sekitar 30 kandidat dilarang ikut serta dalam pemilu Moskow.

    "Kita akan memperlihatkan kepada mereka bahwa situasi saat ini berbahaya. Kita harus berjuang demi para kandidat kita," ucap Navalny kepada ribuan demonstran, dikutip dari laman BBC, Sabtu 20 Juli 2019.

    Ia berjanji akan mendorong adanya unjuk rasa yang lebih besar pekan mendatang kecuali jika otoritas Moskow mengizinkan sejumlah kandidat untuk mendaftar.

    Satu kandidat, Lyubov Sobol, telah melakukan aksi mogok makan selama lebih dari sepekan. Ia meminta otoritas Moskow untuk mengizinkan dirinya ikut serta dalam pemilu.

    Koordinator aksi protes mengatakan di laman Facebook bahwa mereka berjuang demi mewujudkan Rusia "tanpa bandit, penipu dan pencuri." Otoritas Moskow telah memberi izin atas penyelenggaraan aksi unjuk rasa ini.

    Pekan kemarin, polisi menangkap puluhan pedemo dalam sebuah unjuk rasa yang membela kepentingan para kandidat independen.

    Aksi protes berlangsung di tengah menurunnya tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin dan kemarahan atas memburuknya standar kehidupan masyarakat serta maraknya korupsi di tingkat pejabat Rusia.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id