Kapal Korut Tenggelam Dekat Rusia, Enam Kru Diselamatkan

    Arpan Rahman - 25 Juni 2019 13:58 WIB
    Kapal Korut Tenggelam Dekat Rusia, Enam Kru Diselamatkan
    Ilustrasi kapal tenggelam. (Foto: Medcom.id)
    Moskow: Enam kru Korea Utara diselamatkan usai kapal penangkap ikan mereka tenggelam di dekat perairan Rusia. Empat orang lainnya masih dinyatakan hilang.

    Penjaga Pantai Korea Selatan mengatakan, keenam kru itu diselamatkan sebuah kapal berbendera Panama yang kebetulan melintas di lokasi. Insiden tenggelamnya kapal berlokasi sekitar 463 kilometer dari kota pelabuhan Rason, Korsel.

    Dilansir dari UPI, Senin 24 Juni 2019, Korsel mengetahui insiden tersebut setelah kapal Panama menghubungi perusahaan asuransi Tiongkok. Pihak Tiongkok kemudian menghubungi perusahaan asuransi maritim di Korsel.

    Setelah penyelamatan, enam kru kapal Korut itu dipindahkan dari kapal Panama ke Penjaga Pantai Jepang. Penyerahan berlokasi sekitar 117 kilometer dari Pulau Dokdo.

    Dari penjaga pantai Jepang, enam kru itu dipindahkan ke sebuah kapal dagang Korut yang berlayar di perairan Negeri Sakura.

    Seorang perwakilan Penjaga Pantai Korsel mengatakan kepada media Yonhap bahwa awalnya keenam kru itu akan diproses di pelabuhan Busan. Namun rencana diubah setelah kapal Panama yang menyelamatkan keenam kru bertemu Penjaga Pantai Jepang.

    Kantor berita Rusia, Tass, mengidentifikasi kapal penyelamat keenam kru sebagai Blue Balance. Penyelamatan berlokasi sekitar 226 km dari Pelabuhan Nakhodka di wilayah Far East Rusia.

    Pusat Koordinasi Penyelamatan Maritim Vladivostok melaporkan bahwa kapal Korut itu perlahan-lahan mulai tenggelam setelah terkena badai dahsyat pada 15 Juni.

    Banyak nelayan Korut berlayar ke lautan terbuka, di tengah kurangnya pasokan makanan di negara mereka. Menurut laporan surat kabar Mainichi Shimbun, Korut telah mendapat banyak tawaran donasi, termasuk 5.000 ton bahan makanan dari Vietnam yang belum lama ini diterima Pyongyang.

    Pemimpin Korut Kim Jong-un disebut-sebut telah meminta donasi tersebut saat berkunjung ke Vietnam pada Februari lalu.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id