Ribuan Warga Irlandia Utara Tuntut Pernikahan Sejenis - Medcom

    Ribuan Warga Irlandia Utara Tuntut Pernikahan Sejenis

    Willy Haryono - 19 Mei 2019 10:53 WIB
    Ribuan Warga Irlandia Utara Tuntut Pernikahan Sejenis
    Demonstran membawa bendera bercorak pelangi yang kerap diasosiasikan dengan LGBT. (Foto: AFP)
    Belfast: Ribuan warga Irlandia Utara menuntut agar para pemimpin negara di kawasan mengizinkan berlangsungnya pernikahan sesama jenis. 

    Dilansir dari laman tnvz.com, Minggu 19 Mei 2019, para demonstran di Belfast menginginkan pernikahan sesama jenis dilegalkan seperti di Inggris.

    Pernikahan sesama jenis merupakan salah satu isu penghalang dalam memulihkan pemerintahan di Irlandia Utara, yang telah berada dalam status 'beku' selama lebih dari dua tahun.

    Irlandia Utara yang populasinya mencapai 1,8 juta orang belum memiliki administrasi kenegaraan yang berfungsi dengan benar sejak pemerintahannya runtuh pada Januari 2017 atas proyek energi hijau.

    Runtuhnya pemerintahan Irlandia Baru kemudian merembet ke berbagai isu budaya lain, yang semakin memisahkan kubu nasionalis dengan pendukung Britania Raya.

    Sementara itu di Asia, parlemen Taiwan akhirnya melegalkan pernikahan sesama jenis usai pemungutan suara pada hari Jumat, 17 Mei 2019. Ini menjadikan Taiwan negara pertama di Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis ini.
     
    "Kemenangan luar biasa untuk hak-hak LGBT," ujar Wakil Direktur Human Rights Watch Asia, Phil Robertson, dilansir dari BBC.
     
    Pada 2017, pengadilan konstitusi pulau itu memutuskan pasangan sesama jenis memiliki hak untuk menikah secara sah. Parlemen diberi tenggat waktu dua tahun untuk meluluskan perubahan tersebut, paling lambat 24 Mei 2019. 

    Baca: Taiwan Akhirnya Legalkan Pernikahan Sesama Jenis



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id