Curi Pasir Pantai, Dua Turis Prancis Terancam Dibui

    Arpan Rahman - 20 Agustus 2019 18:03 WIB
    Curi Pasir Pantai, Dua Turis Prancis Terancam Dibui
    Ilustrasi pesisir pantai. (Foto: Medcom.id)
    Sardinia: Dua turis asal Prancis terancam dijebloskan ke penjara setelah tertangkap tangan membawa pasir yang diduga dicuri dari pantai Sardinia, Italia.

    Pasir putih itu diduga dicuri dua turis dari pantai Chia di wilayah Sardinia selatan. Keduanya memasukkan pasir itu ke 14 botol plastik.

    Dilansir dari Sky News, Senin 19 Agustus 2019, belasan botol ditemukan polisi di kendaraan kedua turis saat mereka bersiap menaiki sebuah kapal feri menuju Prancis. Secara total, 14 botol plastik berisi pasir itu berbobot 40 kilogram.

    Menurut kantor berita Ansa, kedua turis mengaku membawa pasir Sardinia sebagai cinderamata. Keduanya mengaku tidak sadar bahwa membawa pasir adalah perbuatan melanggar hukum.

    Keduanya terancam dijatuhi vonis hingga enam tahun penjara atas pencurian aset negara.

    Sardinia memiliki sejumlah pantai yang indah, dan pencurian pasir bukan kali pertama ini terjadi. Karena sering ada pencurian, pemerintah Italia merasa geram dan menjadi lebih tegas terhadap para pencuri.

    Pemerintah Italia menaruh papan peringatan di sejumlah titik di Sardinia. Selain pasir, membawa pulang bebatuan di Sardinia juga adalah sebuah pelanggaran yang dapat berujung denda hingga GBP2.700 (setara Rp47 juta).

    Pada 2018, seorang warga Italia di Inggris dikenai denda karena mencuri pasir dari sebuah pantai dekat kota Olbia. Sepanjang musim panas 2017, lebih dari satu ton pasir ditemukan di dalam sejumlah koper turis di bandara Cagliari.

    Terdapat sebuah laman di Facebook yang bernama Sardinia Is Being Robbed And Pillaged. Laman itu membahas dan mendokumentasikan sejumlah pelanggaran di area pantai Sardinia. "Mencuri pasir adalah sebuah kejahatan," tulis laman tersebut.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id