Kapten Pingsan di Kokpit, Pesawat Inggris Mendarat Darurat

    Arpan Rahman - 28 Agustus 2019 14:07 WIB
    Kapten Pingsan di Kokpit, Pesawat Inggris Mendarat Darurat
    Ilustrasi pesawat terbang. (Foto: Medcom.id)
    Porto: Seorang pilot yang sedang tidak bertugas berhasil mendaratkan pesawat maskapai Jet2 usai sang kapten pingsan di dalam kokpit. Insiden terjadi di dalam pesawat Jet2 yang sedang bertolak dari Manchester, Inggris, menuju Funchal, Portugal.

    Setelah kru pesawat mengumumkan adanya sebuah "insiden" pada Senin 26 Agustus, seorang pria dari kursi penumpang bergerak menuju kokpit dan menawarkan bantuan. Ia ternyata adalah pilot Jet2 yang sedang tidak bertugas.

    Pesawat Boeing 757 itu akhirnya mendarat di sebuah bandara di Porto. Petugas medis kemudian naik ke pesawat dan membawa keluar pilot yang pingsan dari area kokpit.

    "Mereka mengeluarkan pengumuman bahwa ada insiden, dan seorang pilot lainnya yang sedang berlibur muncul dari arah kursi belakang," kata Nicholas Banks, seorang bankir di pesawat tersebut.

    "Dia masuk ke kokpit dan tidak keluar hingga pesawat kami mendarat. Pilot asli dibawa keluar dengan kursi roda dan masker oksigen," lanjutnya, disitat dari Express, Selasa 27 Agustus 2019. 

    Pihak maskapai meminta maaf atas insiden ini. Kala itu, Jet2 berjanji akan segera menerbangkan kembali semua penumpang ke tujuan asal.

    Linda Evans, seorang penumpang lainnya, mengaku kecewa atas kinerja Jet2 dalam merespons insiden. Ia mengaku harus menunggu selama berjam-jam di Porto bersama ibunya yang berusia 72 tahun. "Para penumpang, termasuk ibu saya, hanya diberi 8 euro (Rp126 ribu)," ungkapnya kesal.

    "Penerbangan LS765 dari Manchester ke Funchal dialihkan ke Porto karena pilot merasa kurang sehat. Pesawat dan kru pengganti telah diterbangkan ke Porto, jadi para penumpang dapat segera terbang ke Funchal," ungkap Jet2

    Madeira, pulau otonom telah Funchal berada, adalah situs destinasi wisata populer di kalangan warga Inggris.

    Juli lalu, pesawat maskapai Virgin Atlantik tujuan London dari New York mendarat darurat usai sebuah charger telepon genggam terbakar di dalam kabin. Pesawat Airbus A330 itu mendarat dengan selamat di Boston, usai asap sempat memenuhi kabin selama 25 menit.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id