• DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK : Tanggal 21 SEP 2018 terkumpul RP 20.111.147.901

RI-Jerman Tetapkan Fokus Utama di DK PBB

Marcheilla Ariesta - 14 September 2018 18:59 wib
Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu Jerman Heiko Mass. (Foto: Dok.
Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu Jerman Heiko Mass. (Foto: Dok. Kemenlu).

Berlin: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyatakan Indonesia dan Jerman akan bersama-sama berjuang di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Kedua negara terpilih dalam jajak pendapat di PBB beberapa waktu lalu untuk mengisi posisi mewakili masing-masing benua.

Menlu Retno mengatakan perdamaian dan keamanan dunia menjadi fokus utama kedua negara. Karenanya, RI-Jerman bertekad menguatkan ekosistem global untuk perdamaian dan keamanan.

"Kami setuju menambah perjanjian antara anggota DK PBB dengan seluruh negara di berbagai level, dan kami ingin memiliki konsultasi regular yang dapat menyelesaikan berbagai isu yang dihadapi dunia," tutur Retno di Berlin, Jumat 14 September 2018.

Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB setelah mendapatkan 144 suara di pertemuan Majelis Umum pada Juni lalu. Terpilihnya Indonesia sebagai anggota DK PBB untuk masa jabatan 2019 sampai 2020 mendatang merupakan yang kali keempat.

Setiap kandidat negara mewakili regional masing-masing. Indonesia dan Maladewa bersaing untuk menjadi wakil kawasan Asia Pasifik. Indonesia akhirnya terpilih setelah unggul dari Maladewa yang hanya memperoleh 46 suara.

 Adapun total 190 dari 193 negara anggota PBB menggunakan hak pilihnya. Setiap regional memiliki aturan tersendiri dalam menentukan kandidat negara untuk maju dalam pemilihan anggota Dewan Keamanan. 

Uni Afrika sepakat kali ini memberikan kursinya di Dewan Keamanan pada Afrika Selatan dan dalam pemungutan suara mendapat 183 suara. Republik Dominika juga menjadi kandidat untuk wilayah Amerika Latin melalui konsensus dan memperoleh 184 suara dalam voting Majelis Umum PBB. 

Sementara Jerman yang mendapat 184 suara dan Belgia dengan 181 suara menjadi wakil dari wilayah Eropa Barat. 

Dewan Keamanan PBB terdiri dari 15 negara anggota, yang terbagi menjadi lima negara anggota tetap, yakni AS, Inggris, Prancis, Tiongkok dan Rusia, serta 10 negara anggota tidak tetap.


(FJR)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.