Partai 'Komedian' Ukraina Diproyeksikan Berjaya di Pemilu Awal

    Arpan Rahman - 22 Juli 2019 12:30 WIB
    Partai 'Komedian' Ukraina Diproyeksikan Berjaya di Pemilu Awal
    Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara di markas partai Pelayan Rakyat di Kiev, 21 Juli 2019. (Foto: AFP/GENYA SAVILOV)
    Kiev: Partai milik Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky diproyeksikan menang secara meyakinkan dalam pemilihan umum parlemen. Kemenangan ini akan semakin mengkonsolidasikan kekuasaan Zelensky di pemerintahan Ukraina.

    Hasil exit poll memperlihatkan partai Pelayan Rakyat akan meraih suara mayoritas di parlemen. Namun partai Zelensky tetap membutuhkan mitra koalisi untuk membentuk pemerintahan.

    Zelensky berjaya dalam pemilihan umum presiden pada April lalu. Namun kala itu ia belum dapat menunjuk menteri yang ia inginkan.

    Semasa kampanye, Zelensky berjanji akan mengimplementasikan reformasi secara radikal dan juga memberantas korupsi di jajaran pemerintah Ukraina.

    Berbicara di luar sebuah tempat pemungutan suara setelah menggunakan hak pilihnya di Kiev pada Minggu 21 Juli, Zelensky mengatakan kepada jurnalis BBC Steve Rosenberg bahwa pemilu awal ini "mungkin lebih penting dari pilpres."

    Lima partai diproyeksikan melewati ambang batas lima persen untuk masuk ke parlemen Ukraina.

    Hasil penghitungan suara sementara memperlihatkan partai Zelensky meraih 42,1 persen, sementara partai kubu oposisi yang pro-Rusia 12,7 persen. Zelensky telah menegaskan tidak akan berkoalisi dengan oposisi.

    Setelah pemungutan suara ditutup, Zelensky mengaku telah mengundang sebuah partai yang dipimpin bintang rock Svyatoslav Vakarchuk untuk berkoalisi. "Itu adalah inisiatif saya, bahkan sebelum pemilu," ungkap Zelensky. 

    Partai Vakarchuk, Holos, telah meraih 6,4 persen suara. Dua partai lainnya yang diproyeksikan masuk parlemen adalah milik mantan presiden Petro Poroshenko dan bekas Perdana Menteri Yulia Tymoshenko.

    "Presiden, Perdana Menteri dan Parlemen harus bekerja bersama untuk memastikan adanya kehidupan yang bahagia di Ukraina," sebut Zelensky. Ia menyebut isu utama yang perlu diperhatikan saat ini di Ukraina adalah investasi, demokrasi dan keamanan.

    Baca: Kanada Berjanji Bantu Ukraina Hadapi 'Agresi' Rusia



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id