Manajemen Kekayaan Intelektual jadi Kunci Persaingan Global

    Sonya Michaella - 21 Mei 2019 18:00 WIB
    Manajemen Kekayaan Intelektual jadi Kunci Persaingan Global
    Kepala Bekraf Triawan Munaf. (Foto: Dok. PTRI Jenewa)
    Jenewa: Membuka Konferensi Internasional Kekayaan Intelektual dan Pembangunan di Jenewa, Swiss, Kepala Bekraf RI Triawan Munaf menekankan pentingnya manajemen kekayaan intelektual bagi pengembangan ekonomi dan industri kreatif.

    Triawan juga memaparkan program-program Bekraf untuk memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif terkait manajemen Kekayaan Intelektual, di antaranya program fasilitasi registrasi aset kekayaan intelektual bagi UMKM hingga distribusi musik teknologi blockchain yang diinisiasi Bekraf.

    "Di era revolusi digital ini, salah satu kunci utama peningkatan daya saing di tingkat global adalah memadukan proses kreatif dan inovatif dengan manajemen kekayaan intelektual," kata Triawan, dalam keterangan tertulis PTRI Jenewa kepada Medcom.id, Selasa 21 Mei 2019.

    Ia menambahkan, prioritas terhadap ekonomi berbasis inovasi dan kreativitas tidak saja menjadi prioritas Indonesia, melainkan perlu menjadi prioritas global.

    Sementara itu, sebagai Ketua CDIP (Komite Internasional terkait Kekayaan Intelektual dan Pembangunan), Wakil Tetap RI untuk PBB di Jenewa, Hasan Kleib menegaskan, kepemimpinan Indonesia di CDIP terus difokuskan untuk mendukung salah satu program prioritas pemerintah dalam mendorong ekonomi negara yang berbasis inovasi dan kreativitas.

    "Salah satu faktor utama dalam mewujudkan prioritas tersebut adalah melalui sistem kekayaan intelektual yang berimbang dan diharapkan dapat mendukung upaya Indonesia untuk meninggalkan ekonomi berbasis sumber daya menuju ekonomi berbasis pengetahuan," ucap Hasan.

    Konferensi ini merupakan yang pertama kalinya digelar dan menjadi wadah untuk membahas soal pengetahuan dan pengalaman nasional, regional serta internasional terkait isu-isu kekayaan intelektual.

    Penyelenggaraan konferensi ini juga disepakati di bawah kepemimpinan Indonesia sebagai ketua dari CDIP. 




    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id