Kematian Akibat Kecelakaan Pesawat Komersial Turun di 2019

    Arpan Rahman - 02 Januari 2020 19:17 WIB
    Kematian Akibat Kecelakaan Pesawat Komersial Turun di 2019
    Ilustrasi oleh AFP.
    Amsterdam: Jumlah korban yang tewas dalam kecelakaan pesawat komersial besar turun lebih dari setengahnya pada 2019. Angka ini dianggap teraman.

    Tahun lalu adalah "salah satu tahun teraman bagi penerbangan komersial", dengan rata-rata satu kematian setiap 5,58 juta penerbangan.

    Perusahaan konsultan penerbangan Belanda To70 menemukan bahwa ada 86 kecelakaan yang melibatkan pesawat komersial besar pada 2019. Ini termasuk delapan insiden fatal yang mengakibatkan 257 kematian.

    Pada 2018, ada 160 kecelakaan, termasuk 13 kecelakaan fatal yang mengakibatkan 534 kematian. Kecelakaan terburuk 2019 adalah pada 10 Maret ketika 157 orang tewas di pesawat Ethiopia Boeing 737 MAX.

    Disitat dari Sky News, Kamis 2 Januari 2020, jenis pesawat tersebut segera dikandangkan setelah itu, karena kecelakaan itu menyusul Oktober sebelumnya di dekat Indonesia yang menewaskan 189 orang.

    To70 mengatakan bahwa, sementara industri penerbangan difokuskan pada ancaman di masa depan seperti drone, namun masih perlu untuk "fokus pada dasar-dasar yang membuat penerbangan sipil begitu aman: pesawat yang dirancang dengan baik dan dibangun dengan baik diterbangkan dengan informasi lengkap dan kru terlatih."

    Kecelakaan utama lainnya pada 2019 adalah Fokker 100 di Kazakhstan dalam sebuah petaka yang menewaskan 12 orang dan Superher Sukhoi Superjet 100 yang terbakar ketika pendaratan darurat di bandara Sheremetyevo, Moskow, menewaskan 41 orang.

    Kematian penerbangan telah menurun secara dramatis di seluruh dunia, dari lebih dari 1.000 kematian di seluruh dunia hingga 2005.

    2017 adalah tahun paling aman sejauh ini, dengan hanya dua kecelakaan fatal yang mengakibatkan 13 kematian, tidak ada yang berasal dari jet penumpang.

    Angka-angka itu termasuk penumpang dan awak udara, serta siapa pun yang tewas di darat dalam kecelakaan pesawat.

    Itu tidak termasuk kecelakaan yang melibatkan penerbangan militer, penerbangan pelatihan, penerbangan pribadi, operasi kargo, dan helikopter.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id