HUT ke-74 RI di Wina, Dubes Djumala Serukan Persatuan

    Willy Haryono - 18 Agustus 2019 09:40 WIB
    HUT ke-74 RI di Wina, Dubes Djumala Serukan Persatuan
    Peringatan HUT ke-74 RI di KBRI Wina, Austria, Sabtu 17 Agustus 2019. (Foto: KBRI/PTRI Wina)
    Wina: Rumah besar Indonesia adalah tempat nyaman untuk semua, ruang hidup bagi seluruh anak bangsa, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.  Dalam rumah besar ini, semua anak bangsa bisa berkarya, bergerak, dan berjuang untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita kita bersama. Perbedaan juga bukanlah penghalang bagi kita untuk bersatu. 

    Demikian disampaikan Duta Besar RI untuk Republik Austria dan Republik Slovenia sekaligus Wakil Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Organisasi Internasional Lainnya di Wina, Dr. Darmansjah Djumala, dalam pidatonya di upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74, Sabtu 17 Agustus, pukul 10.00 waktu setempat di halaman KBRI/PTRI Wina. 

    "Apabila bangsa Indonesia mau tetap bersatu, berbagi, dan peduli pada sesama anak bangsa, maka Indonesia akan menjadi sebuah kekuatan yang disegani bangsa-bangsa lain di dunia," ucap Dubes Djumala, dalam keterangan pers yang diterima Medcom.id, Minggu 18 Agustus 2019.

    "Dengan semangat persatuan, kepedulian, dan berbagi, ditambah dengan kerja bersama, kita akan mampu menghadapi berbagai tantangan masa depan, mencapai prestasi bangsa: Indonesia maju yang gemilang," lanjut dia.

    Pidato disampaikan Dubes Djumala di hadapan lebih dari 100 orang peserta upacara yang terdiri dari pejabat dan staf KBRI/PTRI Wina, Dharma Wanita Persatuan, Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Austria (PPI Austria), serta wakil-wakil masyarakat Indonesia lainnya di Austria dan WNI yang sedang berkunjung ke Wina. 

    Lebih jauh, Dubes Djumala juga menyerukan kepada para Perwakilan Indonesia di negara-negara akreditasi, bahwa salah satu tugas utama mereka adalah melayani WNI yang berada di luar negeri. Perwakilan juga harus menjadi rumah yang ramah dan memberi perlindungan bagi seluruh WNI di luar negeri.

    HUT ke-74 RI di Wina, Dubes Djumala Serukan Persatuan
    Upacara bendera dalam peringatan HUT ke-74 RI di KBRI Wina. (Foto: KBRI Wina) 

    KBRI/PTRI Wina senantiasa berupaya selalu meningkatkan pelayanan dan perlindungan WNI melalui pembinaan hubungan baik dengan masyarakat Indonesia di Austria dan Slovenia. Selain itu, keterlibatan, partisipasi, dan dukungan masyarakat Indonesia dalam berbagai program dan kegiatan KBRI/PTRI Wina menjadi salah satu modal kuat dalam mempromosikan Indonesia di Austria dan Slovenia serta masyarakat internasional di Wina. 

    Dalam konteks multilateral, Dubes Djumala kembali menggarisbawahi pentingnya upaya membumikan diplomasi multilateral, antara lain melalui organisasi IAEA, UNODC dan UNIDO untuk mendukung program pembangunan terkait sektor-sektor yang manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat luas. 

    Kiprah Indonesia di IAEA selama ini telah mendapatkan apresiasi dunia internasional dan berujung pada diberikannya kepercayaan kepada Indonesia untuk menjadi Presiden Board of Governors IAEA pada 2017-2019. Kesempatan tersebut telah dimanfaatkan penuh oleh KBRI/PTRI Wina guna meningkatkan kerja sama Indonesia dan IAEA di bidang aplikasi IPTEK nuklir, seperti pertanian, kesehatan, teknologi iradiasi serta penanggulangan dampak bencana alam dan tsunami.

    Di bidang diplomasi budaya, KBRI/PTRI Wina telah secara intensif melakukan berbagai kegiatan promosi seni budaya Indonesia di Austria. KBRI/PTRI Wina juga sudah mendatangkan komposer musik ternama Indonesia, Erwin Gutawa, berkolaborasi dengan begawan musik klasik Austria, untuk mengadakan konser musik bersama bertajuk Ethnocestra: A Melody of Friendship. 

    Tidak hanya konser musik, tapi beberapa kegiatan lainnya yang bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia juga telah dilakukan oleh KBRI/PTRI Wina seperti Pameran Wisata, Festival Kuliner, Pentas Seni, Kelas Bahasa, Kelas Gamelan hingga pagelarannya. 

    Peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI kali ini, dengan upacara pengibaran Bendera Merah Putih, berlangsung meriah dan ditutup acara Selamatan Tumpeng Merah Putih. 

    Sebagai bagian dari tradisi KBRI/PTRI Wina, potongan tumpeng pertama diserahkan langsung oleh Dubes Djumala kepada WNI senior dan anggota Diaspora Indonesia di Austria sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi yang diberikan terkait penguatan hubungan bilateral RI-Austria. Dalam kesempatan kali ini, potongan tumpeng pertama diberikan kepada Wakil dari WAPENA (Warga Pengajian Austria), KKIA (Keluarga Kristen Indonesia di Austria), dan PPIA (Persatuan Pelajar Indonesia Austria).

    HUT ke-74 RI di Wina, Dubes Djumala Serukan Persatuan
    Pemotongan tumpeng Merah Putih di KBRI Wina. (Foto: KBRI Wina)

    Upacara penaikan bendera merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI yang diselenggarakan oleh KBRI/PTRI Wina. Sebelumnya, KBRI/PTRI Wina juga mengadakan berbagai lomba olahraga yang diikuti masyarakat Indonesia di Austria. 

    Di samping upacara dan lomba olah raga, KBRI/PTRI Wina juga akan menggelar acara Pesta Rakyat pada tanggal 24 Agustus mendatang. Peringatan HUT ke-74 RI akan ditutup dengan acara Resepsi Diplomatik yang akan digelar di Wisma Dubes di Wina, Austria, pada 5 September mendatang.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id