Partai Anti-Korupsi Berjaya di Pemilu Slovakia

    Arpan Rahman - 01 Maret 2020 17:00 WIB
    Partai Anti-Korupsi Berjaya di Pemilu Slovakia
    PM Slovakia Igor Matovic berbicara di hadapan ratusan pendukungnya. (Foto: AFP/JOE KLAMAR)



    Bratislava: Partai oposisi Slovakia,Ordinary People (OlaNO) berjaya dalam pemilihan umum parlemen berkat sentimen anti-korupsi di tengah masyarakat. Dengan penghitungan suara yang hampir selesai, partai tersebut telah mengamankan hampir 25 persen dukungan pemilih.

    Disiarkan dari BBC, Minggu 1 Maret 2020, popularitas OlaNO telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir berkat agenda anti-korupsi yang terus disuarakan. Masa kampanye di Slovakia didominasi kemarahan publik atas pembunuhan jurnalis investigatif Jan Kuciak dan tunangannya, Martina Kusnirova, pada 2018.

     



    Pemilu kali ini telah berhasil menggeser partai Smer-SD yang mendominasi politik Slokavia dalam satu dekade terakhir. Partai tersebut hanya berhasil meraih 18 persen suara.

    Perdana Menteri Slokavia Peter Pellegrini mengakui kekalahannya dalam pemilu kali ini. Lewat kemenangan OlaNO, sang ketua partai Igor Matovic kemungkinan akan menjadi PM baru Slovakia.

    Kuciak tewas dibunuh saat sedang menyelidiki skandal korupsi tingkat tinggi. Penembakan terhadap sang jurnalis telah mengguncang Slovakia dan menggulingkan Robert Fico, namun partai Smer-SD tetap bertahan di pemerintahan.

    Setelah OlaNO dan Smer-SD, dua partai oposisi dan berhaluan kanan, yakni Sme Rodina dan People's Party Our Slovakia (LSNS), masing-masing hanya meraih sekitar 8 persen suara.

    Dua partai lainnya telah mengamankan lima persen suara untuk dapat masuk ke parlemen Slovakia. Kedua partai itu adalah Svoboda a Solidarita dan Za Ludi.

    Ambang batas untuk bisa masuk ke koalisi berkuasa lebih tinggi, yakni 7 persen. Partai liberal bernama Progressive Slovakia (PS-SPOLU), gagal mencapai ambang batas tersebut.

    Pemilu parlemen di Slovakia berlangsung usai pilpres tahun lalu, yang dimenangkan oleh aktivis anti-korupsi sekaligus pengacara, Zuzana Caputova.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id