Yunani Batasi Ruang Gerak Pengungsi Antisipasi Covid-19

    Whisnu Mardiansyah - 19 Maret 2020 05:56 WIB
    Yunani Batasi Ruang Gerak Pengungsi Antisipasi Covid-19
    Imigran yang berupaya menggapai Eropa melalui jalur laut.. (Foto: AFP).
    Athena: Pemerintah Yunani membatasi ruang gerak pengungsi dan imigran yang tinggal di beberapa kamp pengungsian yang tersebar di beberap pulau. Hal ini mengantisipasi penyebaran covid-19 meluas. 

    Pengungsi dan imigran hanya diizinkan keluar dalam kelompok kecil dan dibatasi waktunya mulai pukul 07.00 hingga 19.00 waktu setempat. Mereka yang keluar hanya untuk membeli pasokan bahan makanan di desa dan kota terdekat. Setiap satu keluarga diizinkan satu orang meninggalkan kamp. 

    Yunani sendiri sudah melarang kedatangan pengungsi baru khususnya dari Timur Tengah sejak 1 Maret. Pengungsi yang tiba di lepas pantai Yunani setelah tanggal tersebut akan segera dipindahkan ke daratan. 

    Seperti dilansir Aljazeera, pengunjung dari luar tidak diperkenankan mengunjungi kamp pengungsian.  Sejauh ini Yunani mengonfirmasi lima kematian dari 387 kasus covid-19. Termasuk satu di Pulau Lesbos tempat kamp yang disesaki pengungsi. 

    "Melindungi kesehatan masyarakat dengan biaya berapa pun, untuk kepentingan penduduk di pulau-pulau dan di kamp-kamp, ??adalah prioritas kami," kata Menteri Migrasi Notis Mitarachi.

    Lebih dari 40.000 pencari suaka tinggal di pusat-pusat pengungsi dan migran di lima pulau Aegean. Pemerintah konservatif, yang mulai berkuasa pada Juli berjanji lebih keras mengatasi migrasi. Pemerintah ingin mengganti kamp pengungsi menjadi kamp tahanan. 

    Pekan lalu,  lembaga amal medis tanpa batas (Medecins Sans Frontieres, atau MSF) mendesak Yunani segera mengevakuasi pengungsi dan migran dari kamp-kamp yang berisiko tinggi penyebaran covid-19. 




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id