comscore

Berlomba dengan Waktu, Ini Strategi Dubes RI di Ukraina Evakuasi 148 WNI

Adri Prima - 14 Maret 2022 21:02 WIB
Berlomba dengan Waktu, Ini Strategi Dubes RI di Ukraina Evakuasi 148 WNI
Situasi penyelematan warga di Ukraina. AFP
Kiev: Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Ukraina bergerak cepat untuk menyelamatkan Warga Negara Indonesia (WNI) dari kondisi krisis yang terjadi di Ukraina pasca invasi Rusia ke Ukraina. 

Duta Besar Republik Indonesia untuk Ukraina, Ghafur telah mendata WNI yang ada di Ukraina. Beberapa hari sebelum serangan pertama, tindakan preventif sudah dilakukan. 
“Sebelum serangan terjadi kami sudah melakukan kontak dengan seluruh WNI. Itu sesuai dengan aturan kontigensi Kementerian Luar Negeri,” ujar Ghafur dalam keterangan resminya, dikutip Senin, 13 Maret 2022.

Dari data yang dihimpun, ada 148 WNI yang tersebar di beberapa wilayah Ukraina. Dalam waktu relatif singkat, sebagian WNI dikumpulkan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kiev. 

Mengingat situasi pandemi maka para WNI akhirnya ditempatkan di dua lokasi berbeda. "Kami bagi tempat berlindung menjadi dua tempat. Satu di Kedubes, satu lagi di wisma atau rumah tinggal dubes. Para wanita tinggal di wisma. Setidaknya itu bisa mengurangi risiko,” imbuhnya.

Tindakan berikutnya, Dubes mencari jalan keluar yang aman. Ada tiga tempat evakuasi yakni melalui Lviv, Odesa, dan Moldova. Sejak 28 Februari, rombongan Dubes dan para WNI terus bergerak hingga 1.700 KM jauhnya. 

“Kami akan bergerak 1.700 KM, masuk Hungaria, Slovenia, dan Polandia. Kami akan masuk Ukraina lagi menuju Lviv,” ujar Ghafur yang memimpin langsung proses evakuasi tersebut. 

Dari 138 WNI yang berada di Ukraina, 80 di antaranya telah kembali ke Indonesia dengan selamat, Kamis, 3 Maret 2022 lalu. 

Sebagai perwakilan tertinggi negara di Ukraina, Ghafur masih punya tanggung jawab memastikan tak ada lagi WNI yang masih menetap di Ukraina. Ia sudah kembali ke Kiev dan memastikan keamanan bagi WNI yang masih menetap.

(PRI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id