Kapal Tanker Iran Dibebaskan oleh Inggris

    Sonya Michaella - 16 Agustus 2019 10:23 WIB
    Kapal Tanker Iran Dibebaskan oleh Inggris
    Kapal tanker Iran, Grace 1. (Foto: AFP)
    Gibraltar: Pihak berwenang Inggris di Selat Gibraltar dilaporkan telah membebaskan kapal supertanker milik Iran, Grace 1, yang sempat ditahan saat perjalanan mengirim minyak ke Suriah.

    Dikabarkan, Amerika Serikat (AS) melakukan negosiasi dengan Inggris selama kurang lebih 11 jam agar Inggris tak melepaskan kapal tersebut.

    Dilansir dari Independent, Jumat 16 Agustus 2019, Mahkamah Agung Gibraltar akhirnya menyetujui pembebasan kapal tanker Iran yang telah ditahan sejak 4 Juli tersebut.

    Namun, Gibraltar membantah bahwa tidak ada aplikasi permohonan pembatalan pembebasan kapal Iran dari AS ketika persidangan kemarin.

    Baca: Iran Sita Kapal Tanker Inggris di Selat Hormuz

    Grace 1, mengangkut 2,1 juta barel minyak mentah Iran yang diduga melanggar sanksi Uni Eropa saat mengirimkan minyak ke Suriah. 

    Penahanan Grace 1 membuat Iran juga menahan kapal tanker minyak berbendera Inggris, Stena Impero, yang hingga saat ini masih berada di bawah pengawasan Iran.

    Disinyalir, pembebasan Grace 1 juga akan membuat Iran segera membebaskan Stena Impero. 

    Sementara itu, kapten Grace 1 yang merupakan warga negara India dan tiga awak kapal lainnya terlihat sudah bebas dari tahanan sejak kemarin pagi. 

    AS juga belum berkomentar terkait dengan pembebasan kapal ini serta negosiasi yang dibuat oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dengan Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton pada awal pekan ini.




    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id