Rusia Gelar Pemilu Lokal, Ujian Bagi Popularitas Putin

    Willy Haryono - 09 September 2019 09:35 WIB
    Rusia Gelar Pemilu Lokal, Ujian Bagi Popularitas Putin
    Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny memberikan hak suara dalam pemilu lokal di Moskow, Rusia, 8 September 2019. (Foto: AFP/VASILY MAXIMOV)
    Moskow: Warga Rusia beramai-ramai menggunakan hak pilih mereka dalam pemilihan umum lokal yang digelar di seantero negeri, Minggu 8 September 2019. Pemilu ini merupakan ujian bagi popularitas Presiden Vladimir Putin, yang dalam beberapa bulan terakhir bertindak keras terhadap gerakan oposisi.

    Pemilu lokal ini memperebutkan kursi anggota dewan daerah dan juga posisi gubernur. Meski digelar di hampir semua wilayah, fokus perhatian tertuju pada ibu kota Moskow.

    Sepanjang musim panas ini, puluhan ribu orang turun ke jalanan Moskow dalam memprotes pemerintahan Putin yang dinilai tidak adil. Sejumlah tokoh oposisi kesulitan, atau bahkan dilarang sama sekali untuk menjadi kandidat.

    Polisi telah menangkap ratusan demonstran sepanjang aksi protes tersebut. Meski sebagian besar dibebaskan dengan cepat, dakwaan yang dilayangkan kepada mereka semua tergolong serius.

    Sepekan sebelum pemilu lokal, lima orang telah dijatuhi vonis antara dua hingga empat tahun penjara atas tuduhan mengganggu stabilitas dan perdamaian.

    Saat hari pemilihan, aparat telah menahan beberapa tokoh oposisi, termasuk Maria Alyokhina dari Pussy Riot dan Ilya Azar, seorang jurnalis.

    Oposisi menyerukan kepada warga untuk 'menghukum' Kremlin dengan tidak memilih partai United Russia. "Hari ini kami berjuang untuk menghancurkan monopoli United Russia," ujar pemimpin oposisi Alexei Navalny kepada awak media, dikutip dari laman AFP,

    Sejumlah sekutu Navalny dilarang menjadi kandidat dalam pemilu lokal. Ia pun meminta warga untuk memilih kandidat dari partai manapun yang berpotensi dapat mengalahkan kandidat pro-Kremlin.

    Sejumlah analis menilai pemungutan suara lokal ini adalah tes menjelang pemilu parlemen pada 2021 mendatang. Pemilu kali ini dinila dapat memperlihatkan kemampuan oposisi dalam menggerakkan massa dan kesediaan pemerintahan Putin dalam menerima kritik.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id