Konflik Iran-AS, Inggris Kirim AL ke Selat Hormuz

    Arpan Rahman, Marcheilla Ariesta - 05 Januari 2020 19:24 WIB
    Konflik Iran-AS, Inggris Kirim AL ke Selat Hormuz
    Kapal AL Inggris di Selat Hormuz. (Foto: Mick Storey/EPA).
    London: Angkatan Laut Kerajaan Inggris akan menemani kapal-kapal melalui Selat Hormuz. Pengiriman kapal AL Inggris ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat.

    Langkah untuk melindungi kapal-kapal berbendera Inggris datang pada Sabtu, 4 Januari, saat Kementerian Luar Negeri Inggris memperkuat peringatan perjalanannya di seluruh wilayah karena kekhawatiran akan adanya perang.

    Menteri Pertahanan Ben Wallace terus mendesak semua pihak untuk mengurangi situasi. Namun, Negeri Ratu Elizabeth sepertinya berpihak pada AS yang merupakan sekutu mereka.

    Dia mengatakan telah menginstruksikan fregat HMS Montrose dan kapal perusak HMS Defender untuk kembali ke jalur minyak utama dalam waktu dekat.

    "Pemerintah akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi kapal dan warga kita saat ini," kata Wallace, dikutip dari The Guardian, Minggu 5 Januari 2020.

    Setelah berdiskusi dengan mitranya dari AS, Menhan Mark Esper, Wallace mengatakan pasukan Amerika telah berulang kali diserang oleh militan yang didukung Iran di Irak.

    "Di bawah hukum internasional, Amerika Serikat berhak untuk membela diri terhadap mereka yang mengancam negara," kata Wallace membela negara sekutunya.

    Praktik mengawal kapal di Selat Hormuz sebelumnya pernah dilakukan pada Juli lalu usai kapal tanker berbendera Inggris, Stena Impero disita Iran. Namun, praktik ini dihentikan November lalu.

    Ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat menjadi makin tinggi usai serangan udara AS yang menewaskan jenderal top Iran Qassem Soleimani. Iran berencana untuk membalas dendam kepada AS atas kematian Soleimani.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id