60 Ribu Orang di Swiss Suarakan Perubahan Iklim

    Willy Haryono - 29 September 2019 19:02 WIB
    60 Ribu Orang di Swiss Suarakan Perubahan Iklim
    Ribuan orang mengikuti aksi protes perubahan iklim di Lausanne, Swiss, 6 April 2019. (Foto: AFP)
    Bern: Sedikitnya 60 ribu orang beramai-ramai turun ke jalanan kota Bern, Swiss, Sabtu 28 September 2019, dalam menyuarakan kekhawatiran mereka mengenai perubahan iklim.

    Aksi massa ini digelar beberapa pekan menjelang pemilihan umum Swiss. Dalam masa kampanye menjelang pemilu, perubahan iklim merupakan salah satu isu yang menjadi kekhawatiran utama masyarakat.

    Dilansir dari laman DW, sebagian besar demonstran berasal dari kalangan pemuda. Gerakan di kota Bern tersebut merupakan bagian rangkaian aksi protes terkait perubahan iklim yang digelar di seluruh dunia.

    Lebih dari 80 organisasi ikut serta dalam protes. Mereka meminta sejumlah perusahaan di Swiss untuk berhenti menggunakan batu bara, minyak dan gas sebagai sumber energi. Pedemo juga mendesak bank-bank di Swiss untuk berhenti mendanai sektor tersebut.

    Menurut laporan surat kabar Neue Zurcher Zeitung, aksi unjuk rasa diwarnai dibunyikannya lonceng oleh 150 gereja di Swiss, tepat pukul 14.30 waktu setempat.

    Sejumlah gereja mengatur jarum jam mereka mendekati angka 12, sebagai simbol bahwa manusia sudah kehabisan waktu untuk mengantisipasi dan menangani dampak buruk dari perubahan iklim.

    Sementara itu, pemilu Swiss dijadwalkan digelar pada 20 Oktober mendatang. Menurut lembaga survei Sotomo, 38 persen pemilih terdaftar di Swiss menempatkan perubahan iklim sebagai tantangan terbesar yang harus dihadapi pemerintah. Isu kedua yang dianggap penting adalah asuransi dan jaminan kesehatan.

    Masih dari survei Sotomo, 25 persen pemilih terdaftar di Swiss menilai isu perubahan iklim dan emisi gas karbon relevan dengan keputusan mereka dalam menggunakan hak pilih dalam pemilu.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id