Bangkai Paus Ditemukan di Tepi Sungai Thames

    Willy Haryono - 01 Desember 2019 09:03 WIB
    Bangkai Paus Ditemukan di Tepi Sungai Thames
    Sesosok bangkai ikan paus ditemukan di pinggir Sungai Thames di London, Inggris, Jumat 29 November 2019. (Foto: BBC/CLIO GEORGIADIS)
    London: Sesosok bangkai ikan paus ditemukan terdampar di tepi Sungai Thames untuk kali kedua dalam dua bulan terakhir. Mamalia air tersebut, diyakini sebagai jenis paus minke, ditemukan tak bernyawa di tepi sungai di bawah Jembatan Battersea pada Jumat malam.

    Otoritas Pelabuhan London (PLA) berencana mengevakuasi bangkai paus tersebut pada akhir pekan ini. Oktober lalu, sesosok bangkai paus punggung bungkuk ditemukan di Greenhithe.

    Bangkai paus di Thames pertama kali dilihat oleh warga bernama Clio Georgiadis. Ia mengaku "sangat tersentuh" saat melihat bangkai paus tersebut ketika sedang membawa anjingnya jalan-jalan sekitar pukul 21.30 waktu London.

    "Kami mencoba melihat apakah paus itu masih hidup. Tapi ternyata paus itu sudah mati," kata Georgiadis, dikutip dari BBC, Sabtu 30 November 2019.

    "Saya sangat sedih melihatnya," sambung dia.

    PLA meyakini paus itu sebagai minke, yang dapat tumbuh besar hingga berbobot 10 ton. Minke beberapa kali terlihat di perairan Inggris, karena mereka lebih menyukai iklim dingin ketimbang tropis. Namun Minke juga biasa ditemukan di Atlantik, Pasifik, Hindia dan Arktika.

    Kabar penemuan bangkai paus diterima PLA pada Jumat malam. "Kami baru mengetahui bangkai ikan itu ternyata paus adalah saat hewan tersebut terdampar," ujar juru bicara PLA Martin Garside.

    Dua pakar kelautan dari British Divers Marine Life Rescue telah dikerahkan untuk membantu PLA mengevakuasi bangkai paus dari Sungai Thames.

    Bangkai paus itu akan dikirim ke kebun binatang ZSL London Zoo untuk menjalani pemeriksaan post-mortem.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id