Relawan Eropa ETJ Apresiasi Langkah Jokowi Tunda RKUHP

    Willy Haryono - 05 Oktober 2019 09:12 WIB
    Relawan Eropa ETJ Apresiasi Langkah Jokowi Tunda RKUHP
    Pekerja memperbaiki pagar pascaaksi unjuk rasa mahasiswa menolak RKUHP dan revisi UU KPK di kompleks parlemen, Jakarta, 25 September 2019. (Foto: Antara/OSCAR MOTULOH)
    London: Relawan Eropa Tetap Jokowi (ETJ) mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang memutuskan menunda pengesahan Rancangan Undang-Undang Kitab Hukum Pidana dan UU Komisi Pemberantasan Korupsi.

    Menurut ETJ, penundaan memperlihatkan sikap Jokowi yang responsif dalam mendengarkan aspirasi masyarakat.

    "Apresiasi juga kami sampaikan kepada aparat keamanan di berbagai kota. Kami menyerukan agar aparat keamanan tetap bertindak sesuai prosedur, profesional dan terukur dalam menghadapi demonstrasi dan kerusuhan," ujar ETJ, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Jumat 4 Oktober 2019.

    ETJ menilai sejumlah RUU dibuat dan dirumuskan Dewan Perwakilan Rakyat secara tergesa-gesa dan kurang melibatkan partisipasi masyarakat. Hal tersebut memicu munculnya polemik di tengah masyarakat, dan kemudian berujung menjadi gerakan massa.

    "Tapi kami mengecam pihak-pihak yang sengaja memperkeruh suasana dan mengambil keuntungan atas situasi ini, termasuk segala bentuk disinformasi di media sosial yang bertentangan dengan prinsip dan etika transparansi dan akuntabilitas," sebut ETJ.

    Sementara itu, ETJ juga menyayangkan dan juga menyampaikan belasungkawa atas jatuhnya sejumlah korban dalam demonstrasi yang berlangsung di sejumlah wilayah. ETJ juga berduka cita atas jatuhnya banyak korban dalam kerusuhan di Wamena dan Jayapura.

    "Kami mendesak pemerintah untuk melakukan investigasi dalam mengungkap peristiwa-peristiwa tersebut, agar perlindungan kepada warga, keamanan dan ketertiban terjamin," tegas ETJ.

    "Kami tetap bersama dan mendukung Bapak Joko Widodo yang telah secara sah dan konstitusional terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia agar setia berada di dalam jalur demokrasi, perlindungan hak-hak dasar warga, dan serius dalam pemberantasan korupsi," sambung ETJ.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id