Macron Minta UE Lebih Berperan Terkait Ancaman Nuklir

    Willy Haryono - 08 Februari 2020 07:28 WIB
    Macron Minta UE Lebih Berperan Terkait Ancaman Nuklir
    Presiden Prancis Emmanuel Macron di Paris, 7 Februari 2020. (Foto: AFP/POOL/FRANCOIS MORI)
    Paris: Presiden Prancis Emmanuel Macron menyerukan negara-negara anggota Uni Eropa untuk lebih berperan langsung dalam meredam ancaman senjata nuklir. Macron menegaskan UE "sudah tidak bisa selamanya menjadi penonton" sementara dampak buruk senjata nuklir juga berpotensi mengancam benua Eropa.

    Amerika Serikat dan Rusia sama-sama telah meninggalkan perjanjian Nuklir Jarak Menengah (INF). Macron khawatir hal ini dapat berujung pada dimulainya semacam perlombaan baru dalam pembuatan "senjata konvensional atau bahkan nuklir."

    Macron mengimbau Eropa untuk memastikan tidak akan terseret dalam konflik perlombaan senjata seperti era Perang Dingin. "Konflik semacam itu dapat merusak perdamaian yang telah susah payah kita dapatkan setelah banyak tragedi terjadi di benua ini," kata Macron, dikutip dari laman AFP, Jumat 7 Februari 2020.

    "Ada kemungkinan terjadinya kompetisi militer dan nuklir yang belum pernah kita lihat lagi sejak akhir era 1960-an,"  lanjut dia.

    Demi mencegah terjadinya hal semacam itu, Macron mendorong negara-negara Eropa untuk "menjadi bagian dalam perjanjian apapun yang membatasi pengembangan senjata-senjata jarak menengah."

    Setelah Inggris keluar dari Uni Eropa, Prancis menjadi satu-satunya anggota UE yang memiliki senjata nuklir. Macron menyebut jumlah hulu ledak nuklir di Prancis kini telah dikurangi hingga di bawah 300. Ia meminta negara-negara pemilik senjata nuklir lainnya untuk mengikuti langkah Prancis.

    Sementara itu, Jerman masih menjadi negara yang paling keras menentang senjata nuklir. Partai milik Kanselir Jerman Angela Merkel sebelumnya telah mengimbau Paris agar senjata nuklirnya berada di bawah pengawasan UE atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id