Trump Tolak Temui Menlu Iran di KTT G7

    Sonya Michaella - 26 Agustus 2019 15:47 WIB
    Trump Tolak Temui Menlu Iran di KTT G7
    Presiden AS Donald Trump di KTT G7. (Foto: AFP)
    Biarritz: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menolak menemui Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif yang muncul di KTT G7. KTT ini digelar di Biarritz, Prancis.

    "Ini terlalu dini. Saya tidak mau," kata Trump, dikutip dari AFP, Senin 26 Agustus 2019.

    Namun, Trump mengaku bahwa Zarif akan datang ke KTTG7 atas undangan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Prancis sedang dalam upaya untuk memecahkan kebuntuan diplomatik atas ketegangan AS-Iran terutama terkait kesepakatan nuklir.

    "Saya tahu ini dirancang oleh Presiden Prancis dan saya menyetujui. Namun saya tidak mau (bertemu Zarif)," lanjut Trump.

    Kedatangan Zarif ke Biarritz membuat seluruh delegasi AS terkejut. Zarif juga dikabarkan telah bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, di mana Zarif juga menunggah fotonya bersama Macron dan pejabat Prancis.

    Baca: Delegasi AS Terkejut Menlu Iran Sambangi KTT G7

    Para pemimpin Eropa telah berjuang untuk menghentikan konfrontasi antara Iran dan Amerika Serikat sejak Trump menarik Washington dari perjanjian nuklir 2015 Iran. Kesepakatan ini ditengahi secara internasional dan keputusan AS menerapkan kembali sanksi terhadap ekonomi Iran. 

    Kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan negara-negara besar bertujuan untuk mengekang kegiatan nuklir Iran dengan imbalan dicabutnya banyak sanksi internasional terhadap Teheran.
     
    Sejak menarik Washington dari kesepakatan tahun lalu, Trump telah mendorong kebijakan tekanan maksimum untuk mencoba memaksa Iran ke dalam negosiasi baru yang akan mencakup program rudal balistik dan kegiatan regional.
     
    Sementara sekutu Trump di Eropa juga menginginkan pembicaraan baru dengan Iran, mereka percaya kesepakatan nuklir harus ditegakkan. Macron, yang telah memimpin di Eropa dalam upaya untuk menyelamatkan perjanjian dan mencegah krisis yang lebih dalam di Timur Tengah, telah bertemu Zarif di Paris pada Jumat.
     
    Mereka membahas proposal untuk mengurangi ketegangan antara Washington dan Teheran, termasuk mengurangi beberapa sanksi AS atau memberi Iran mekanisme kompensasi ekonomi untuk menebus pendapatan minyak yang hilang akibat sanksi AS.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id