Zoran Milanovic Menangkan Pilpres Kroasia

    Arpan Rahman - 06 Januari 2020 13:09 WIB
    Zoran Milanovic Menangkan Pilpres Kroasia
    Zoran Milanovic, mantan perdana menteri sayap kiri, memenangkan Pemilihan Presiden Kroasia. Foto: AFP
    Zagreb: Zoran Milanovic, mantan perdana menteri sayap kiri, memenangkan Ppemilihan Presiden Kroasia pada Minggu. Ia menyingkirkan Kolinda Grabar-Kitarovic, presiden petahana, dalam pilpres putaran kedua.

    Dengan lebih dari 99 persen surat suara dihitung, Milanovic memenangkan hampir 53 persen suara, sementara Grabar-Kitarovic menerima 47 persen.

    "Jika kemenangan yang tipis tapi adil dan jelas ini membawa sedikit kepercayaan dan semangat kecil ke dalam masyarakat kita dan di antara orang-orang ini, saya adalah orang yang bahagia, dan mari kita bersukacita bersama!" kata Milanovic kepada kerumunan pendukung di Zagreb.

    Grabar-Kitarovic awalnya diprediksi memenangkan pilpres, sehingga kemenangan Milanovic merupakan pukulan baginya dan partai kanan tengahnya, Uni Demokratik Kroasia (HDZ), menjelang pemilihan parlemen akhir tahun ini. 

    Pilpres ini juga terjadi pada waktu yang aneh bagi pemimpin HDZ, Andrej Plenkovic, perdana menteri, lima hari setelah Kroasia mengambil alih kepemimpinan bergilir presiden Uni Eropa. Selama masa enam bulan, Zagreb dapat memainkan peran penting dalam menegosiasikan Brexit, mengawasi reformasi internal UE, dan anggaran blok untuk tujuh tahun ke depan.

    Grabar-Kitarovic menjalankan kampanye yang penuh kejanggalan dan dicemooh secara luas pada hari-hari menjelang pemungutan suara Minggu karena mempromosikan dukungan dari seorang nasionalis yang dihukum karena membajak sebuah pesawat di Amerika pada 1976.

    "Ini adalah kemenangan besar bagi Milanovic, yang datang sebagai orang luar dan menjalankan kampanye yang solid," kata Tena Prelec, seorang peneliti di departemen politik dan hubungan internasional di Universitas Oxford.

    Milanovic, seorang Demokrat Sosial yang menjabat sebagai perdana menteri dari 2011 hingga 2015, akan memiliki peran seremonial, termasuk memimpin angkatan bersenjata dan berbagi tugas kebijakan luar negeri dengan perdana menteri. Dia berjanji untuk bekerja sama dengan Plenkovic dan siapa saja yang mungkin menggantikannya selama lima tahun masa kepresidenannya.

    "Saya akan bekerja dengan siapa pun yang memimpin negara ini dengan niat baik. Saya berada di posisi itu (perdana menteri), dan saya tidak punya pretensi untuk berkuasa," katanya, dilansir dari Financial Times, Senin 6 Januari 2020.

    Namun, kemenangan Milanovic merupakan tantangan bagi kekuatan Plenkovic di dalam pemerintah dan di dalam partainya sendiri, yang terbelah sangat dalam antara faksi sayap kanan dan kanan tengah.

    HDZ diguncang ketika penyanyi folk Miroslav Skoro memenangkan 24 persen suara dalam pemungutan suara putaran pertama pada akhir Desember setelah melancarkan kampanye nasionalis, anti kemapanan. Para pengamat mengatakan bahwa kekalahan Grabar-Kitarovic dapat memperkuat sayap kanan partai.

    Grabar-Kitarovic semula diprediksi memenangkan pilpres dengan limpahan suara yang diberikan kepada Skoro di putaran pertama. Tetapi jumlah pemilih menurun di daerah-daerah yang memenangkan Skoro dengan mudah dua pekan lalu.

    Namun, Prelec mengatakan ada kesalahan membaca hitungan putaran pertama Skoro dan takluknya Grabar-Kitarovic di putaran kedua ke arah sayap kanan yang keras di Kroasia. Sebaliknya, itu harus dilihat sebagai "kelanjutan dari pencarian panjang untuk opsi anti-mainstream yang akan keluar dari duopoli HDZ dan Demokrat Sosial".

    Berbicara setelah pidato konsesi Grabar-Kitarovic, Plenkovic menolak pertanyaan wartawan tentang perpecahan partai, mengatakan bahwa partai akan tetap fokus pada "nilai-nilai Kristen tengah kanan".



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id