Bantah Korut, AS Sebut Dialog Nuklir di Swedia Lancar

    Willy Haryono - 06 Oktober 2019 09:32 WIB
    Bantah Korut, AS Sebut Dialog Nuklir di Swedia Lancar
    Villa Elfvik Strand yang diyakini menjadi lokasi dialog nuklir antara AS dan Korut di Swedia, Sabtu 5 Oktober 2019. (Foto: AFP/TT NYHETSBYRĂ…N/PONTUS LUNDAHL)
    Stockholm: Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan kelanjutan negosiasi nuklir dengan Korea Utara di Stockholm, Swedia, pada Sabtu 5 Oktober 2019 "berlangsung lancar" tanpa hambatan berarti.

    Pernyataan tersebut membantah klaim Korut yang menyebut dialog nuklir di Stockholm berakhir gagal.

    "Komentar sebelumnya dari delegasi DPRK tidak merefleksikan semangat dari diskusi hari ini yang berlangsung selama 8,5 jam," ujar juru bicara Kemenlu AS Morgan Ortagus, dikutip dari laman AFP.

    "AS menawarkan sejumlah ide kreatif dan berdiskusi dengan baik bersama DPRK," lanjut dia, menggunakan akronim dari nama resmi Korut.

    Ortagus menambahkan, kelanjutan pertemuan di Stockholm ini merupakan undangan langsung dari Swedia yang telah dilayangkan sekitar dua pekan lalu.

    Sebelumnya, Utusan Khusus Korsel untuk AS Kim Myong-gil menyebut Washington "tidak membawa dan menawarkan apapun yang baru ke meja negosiasi."

    "Negosiasi tidak memenuhi ekspektasi kami dan akhirnya gagal tanpa hasil apapun. Ini terjadi karena AS tetap tidak mau mengubah sikapnya," tegas Kim Myong-gil.

    Diskusi di Stockholm merupakan harapan di tengah mandeknya negosiasi nuklir antara AS dan Korut. Negosiasi tersendat meski Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un telah tiga kali bertemu -- dua Konferensi Tingkat Tinggi dan satu pertemuan informal di Zona Demiliterisasi (DMZ).

    Lokasi pertemuan digelar di sebuah pulau yang dijaga ketat di lepas pantai Stockholm. Pulau tersebut berjarak hanya beberapa ratus meter dari Kedutaan Besar Korut di Swedia.
     
    Saat dialog berlangsung, Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde menuliskan harapannya via Twitter. "Dialog diperlukan untuk mencapai denuklirisasi dan solusi damai," tulisnya.

    Dialog di level serupa antara AS dan Korut telah digelar di Stockholm pada Maret 2018 dan juga Januari tahun ini.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id