comscore

Tubuh Kanselir Jerman Kembali Kejang di Depan Publik

Fajar Nugraha - 28 Juni 2019 07:08 WIB
Tubuh Kanselir Jerman Kembali Kejang di Depan Publik
Kanselir Jerman Angela Merkel (kiri) kembali kejang saat mengikuti acara kenegaraan. (Foto: AFP).
Berlin: Kanselir Jerman Angela Merkel kembali tampak gemetar di depan acara kenegaraan. Kondisi itu menimbulkan kekhawatiran terbaru atas kesehatannya.

Baca juga: Angela Merkel Derita Kejang, Dokter Uraikan Kesimpulan.
Kantor Kanselir Jerman Angela Merkel berusaha menenangkan saraf setelah tubuhnya gemetar yang tidak terkendali pada Kamis 27 Juni. Pihak kantornya mengatakan, saat ini Merkel dalam perjalanan ke Osaka, Jepang seperti yang direncanakan untuk KTT G20.

Ketakutan kesehatan terbaru Merkel terjadi hanya beberapa jam sebelum dia akan naik pesawat ke Jepang. Hal itu pun memicu pertanyaan baru tentang kesehatannya.

Pemimpin Jerman berusia 65 tahun bulan depan, mulai gemetar ketika dia berdiri di sebelah Presiden Frank-Walter Steinmeier. Steinmeier berpidato di sebuah upacara untuk secara resmi menunjuk menteri kehakiman yang baru.

“Tubuhnya bergemetar sekitar dua menit,” menurut seorang fotografer DPA yang hadir, seperti dikutip AFP,  Jumat, 28 Juni 2019.

Merkel melipat tangannya untuk menghentikan gemetaran, yang akhirnya mereda setelah dia mengambil beberapa langkah. Kanselir ditawari segelas air, tetapi menolaknya.

Serangan sebelumnya pada Selasa lalu didugas disebabkan dehidrasi pada hari musim panas. Kemudian kanselir itu tampak goyah dan terguncang ketika dia berdiri di bawah sinar matahari siang di sebelah Presiden Ukraina yang berkunjung, Volodymyr Zelensky.

Juru Bicara Pemerintah Jerman Steffen Seiber mengatakan, Merkel tidak akan membatalkan janji dalam dua hari ke depan.

"Kanselir baik-baik saja," katanya kepada AFP.

Seibert, kemudian men-tweet bahwa dia sedang dalam perjalanan ke Osaka untuk KTT G20, dan bahwa "banyak pembicaraan bilateral dengan para pemimpin lain telah direncanakan".

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id