83 Warga Inggris asal Wuhan Dikarantina di Wirral

    Willy Haryono - 01 Februari 2020 18:00 WIB
    83 Warga Inggris asal Wuhan Dikarantina di Wirral
    Polisi mengawal rombongan enam bus yang mengangkut 83 warga Inggris dan 27 non-Inggris ke Wirral, 31 Januari 2020. (Foto: AFP/Oli Scarff)
    Wirral: Sebanyak 83 warga Inggris dan 27 non-Inggris dikarantina di sebuah rumah sakit di Wirral, Jumat 31 Januari malam waktu setempat. Mereka semua telah dievakuasi dari Wuhan, sebuah kota di Tiongkok yang merupakan pusat penyebaran virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV).

    Dilansir dari ITV dan BBC, konvoi enam bus yang mengangkut 110 orang itu tiba di Rumah Sakit Arrowe Park pada pukul 19.15 GMT. Pesawat yang membawa mereka semua sebelumnya telah mendarat di RAF Brize Norton.

    Keenam bus dikawal polisi menuju RS Arrowe Park. Proses karantina terhadap 110 orang itu dilakukan saat Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mengumumkan data terbaru mengenai virus korona.

    Data per hari ini, Sabtu 1 Februari 2020, menyatakan bahwa korban tewas virus korona mencapai 259 orang, dengan total kasus terkonfirmasi 11.791.

    Semua kematian terjadi di Tiongkok, meski kasus virus korona dikonfirmasi di sedikitnya 23 negara.

    Selain Inggris, India juga telah mengevakuasi warganya dari Wuhan. Sebanyak 324 warga India dari kota di provinsi Hubei itu telah mendarat di Bandara Internasional Indira Gandhi pada Sabtu pagi.

    Jepang dan Amerika Serikat telah terlebih dahulu mengevakuasi warga mereka dari Wuhan. Kedua negara itu sama-sama menggunakan pesawat sewaan dalam melakukan proses evakuasi.

    Indonesia juga telah memberangkatkan pesawat komersil untuk mengevakuasi 250 WNI dari Wuhan. Nantinya 250 WNI ini akan dikarantina di sebuah fasilitas di Natuna, Kepulauan Riau.

    "Kita punya tempat isolasi yang jauh dari penduduk dan terbaik terpilih adalah Natuna," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id