Prancis Klaim Berhasil Tewaskan Pemimpin Kelompok Teror Mali

    Marcheilla Ariesta - 06 November 2019 06:51 WIB
    Prancis Klaim Berhasil Tewaskan Pemimpin Kelompok Teror Mali
    Tentara Prancis di Mali. (Foto: AFP).
    Paris: Prancis mengklaim telah berhasil menumbangkan pemimpin kelompok teror paling top di Mali. Ali Maychou, pemimpin Kelompok Pendukung Islam dan Muslim (GSIM) di Mali dilaporkan tewas bulan lalu di Mali.

    "Dia adalah teroris paling dicari kedua di Sahel, termasuk oleh Amerika," kata Menteri Pertahanan Prancis, Florence Parly, dilansir dari AFP, Rabu, 6 November 2019.

    Merupakan gabungan dari beberapa kelompok teror yang terkait Al Qaeda, GSIM bertanggung jawab atas serangan terbesar si Sahel pada 2017.

    Tentara Mali mengatakan mereka telah berjuang untuk menahan pemberontakan Islamis, dengan dukungan bantuan dari Prancis, negara tetangga Afrika, dan PBB.

    Sebelumnya, Parly mengakui situasi keamanan yang sulit di sana. Namun, dia menambahkan Prancis berhasil melumpuhkan salah satu orang paling dicari dunia itu.

    "Pada 2020, pasukan khusus dari negara-negara Eropa akan dikerahkan di Mali, bersama pasukan khusus Prancis untuk memberikan 'pengetahuan dan pelatihan' kepada tentara Mali," terang Parly.

    Upaya-upaya meningkatkan keamanan ini terjadi kala serangan terus-menerus menghantui Mali. Ini menimbulkan pertanyaan mengenai kemampuan tentara Mali dan dukungan dari negara-negara Eropa dapat mengendalikan situasi di sana.



    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id