Prancis Minta Iran Turunkan Ketegangan dengan AS

    Willy Haryono - 31 Juli 2019 10:31 WIB
    Prancis Minta Iran Turunkan Ketegangan dengan AS
    Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani di New York, AS, 25 September 2018. (Foto: AFP/LUDOVIC MARIN)
    Paris: Presiden Prancis Emmanuel Macron berbicara dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, Selasa 30 Juli 2019, dan meminta agar Teheran segera menurunkan ketegangan yang berlangsung saat ini dengan Amerika Serikat.

    Ketegangan kedua negara dipicu keputusan Presiden Donald Trump tahun lalu yang menarik AS dari perjanjian nuklir Iran 2015. Tidak hanya menarik diri, Trump juga kembali menjatuhkan rangkaian sanksi kepada Iran.

    Iran merespons dengan mengumumkan rencana meningkatkan pasokan serta pengayaan uranium yang diatur dalam perjanjian bernama Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA).

    "Merupakan peran Prancis untuk memastikan semua pihak sepakat dan melakukan negosiasi terbaru," ungkap pernyataan resmi dari istana kepresidenan Elysee Prancis, dikutip dari AFP

    Prancis adalah satu satu negara yang ikut menandatangani JCPOA. "Macron berdiskusi cukup "lama" dengan Rouhani di Bregancon. Macron menyerukan kembali pentingnya menginisiasi langkah penurunan ketegangan," lanjut Elysee.

    Paris menjadi salah satu pemain utama yang berusaha menyelesaikan ketegangan AS dengan Iran. Keseriusan Macron diperlihatkan dengan dua kali mengutus penasihat kebijakan luar negeri Prancis, Emmanuel Bonne, ke Teheran.

    Sementara itu, Presiden Rusia dijadwalkan bertemu Macron di Bregancon pada pertengahan Agustus menjelang Konferensi Tingkat Tinggi G7 di Biarritz.

    Masih dari keterangan Elysee, pertemuan Putin dan Macron di Bregancon dan juga G7 "merupakan kesempatan untuk membicarakan isu Iran."

    Baca: Nuklir Iran dan Tekanan Masif dari Pemerintahan Trump



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id